TNI AD BERIKAN SOSIALISASI KESEHATAN DAN BANTUAN JAMBAN SEHAT

- Reporter

Kamis, 14 Januari 2016 - 06:55

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Danramil 1604-05 Camplong Kapt. Inf. Harapan Abdon

Danramil 1604-05 Camplong Kapt. Inf. Harapan Abdon

Danramil 1604-05 Camplong Kapt. Inf. Harapan Abdon
Danramil 1604-05 Camplong Kapt. Inf. Harapan Abdon

ZONALINENEWS- OELAMASI, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) dalam hal ini Koramil 1605-05 Camplong memberikan sosialisasi tentang pentingnya hidup sehat kepada masyarakat di Dusun III Tinis Desa Oemolo Kecamatan Amabi Oefeto Timur Kabupaten Kupang yang sedang dilanda wabah diare dan menyebabkan tiga orang balita meninggal dunia pada awal januari ini.

Dandim 1604 Kupang Letkol. Inf. Subar, S.Pd melalui Danramil 1604-05 Camplong Kapt. Inf. Harapan Abdon mengungkapkan kehadiran TNI AD langsung dilokasi kejadian wabah diare ini selain untuk memberikan bantuan secara langsung dalam bentuk bantuan evakuasi penderita diare ke RSUD Naibonat, selain itu pihak TNI-AD juga memberikan sosialisasi tentang hidup sehat kepada masyarakat khususnya di dusun tinis desa oemolo. Selain memberikan sosialisasi tentang kebiasaan hidup sehat, pihak TNI-AD juga akan memberikan bantuan pembangunan jamban sehat bagi masyarakat di dusun tinis namun sebelumnya akan di lakukan pendataan masyarakat calon penerima manfaat oleh anggota TNI-AD.

“Untuk bantuan evakuasi penderita diare ke RSUD Naibonat juga menggunakan mobil milik TNI,” katanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Khusus untuk pembangunan jamban ini kata dirinya melanjutkan, pihak TNI -AD saat ini memiliki program pembuatan jamban sehat karena salah satu penyebab wabah diare di dusun tinis ini adalah kebiasaan masyarakat yang tidak membiasakan hidup bersih dan sehat. Salah satu contohnya adalah kebiasaan masyarakat yang minum air tanpa dimasak terlebih dahulu serta kebiasaan membuang hajat sembarangan akibat tidak memiliki jamban sehat.

” Dengan kondisi yang terjadi dimasyarakat ini maka pihak TNI-AD juga memberikan sosialisasi agar masyarakat saat akan minum air harus di masak terlebih dahulu, disamping itu masyarakat juga harus membiasakan diri tidak buag hajat disembarang tempat,”Ungkapnya.

Dengan program pembuatan jamban ini katanya akan sedikit membantu masyarakat dengan keterbatasan dana yang dimiliki,masyarakat juga diminta untuk secara bergotong-royong bersama TNI membangun jamban sehat disetiap rumah masyarakat. Salah satu hal yang juga menjadi penyebab diare adalah banyak hewan yang seperti sapi, kambing, babi yang dibiarkan berkeliaran dipemukiman kemudian hewan tersebut juga mengonsumsi air dari sumber yang sama digunakan oleh masyarakat.

” Hewan dan masyaraakat minum dari sumber mata air yang sama padahal sudah terlebih dahulu ada kotoran ternak di sumber air itu sehingga ini menjadi salah satu penyebab terjadinya wabah diare,”Tandasnya.

Terkait dengan pembangunan jamban sehat kepada masyarakat oleh pihak TNI-AD dalam hal ini Koramil  1604-05 Camplong, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang Hendrik Paut memberikan apresiasi mendalam terhadap langkah – langkah yang telah diambil oleh pihak TNI – AD dalam hal membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, tapi tentunya juga membutuhkan sinergitas dengan pemerintah dalam upaya penyiapan jamban sehat bagi masyarakat.

” Saya memberikan apreasiasi mendalam kepada pihak TNI-AD yang telah membantu pemerintah mengatasi persoalan yang dialami masyarakat di dusun tinis,”bebernya.(*tim)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kader Posyandu di Desa Nadawawi Terima 5 Unit Antropometri
Diabaikan Pemda Dan DPRD Flotim, Nakes Gelar Aksi 1000 Lilin di Halaman RSUD
Kedubes Jepang Untuk Indonesia Hibah Bantuan Alkes di Rumah Sakit Cancar
HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Manggarai Gelar Donor Darah
Dapur Kelor Sosialisasi Pengolahan Daun Kelor Menggunakan Metode Mesin Pengering di Kodim 1624 Flotim
Pastikan Kenyamanan Penunpang, Babinsa Pantau Pelabuhan Laut Lembata
Polres Merto Jakarta Pusat Berhasil Tangkap Sindikat Jaringan Sabu Kualitas Terbaik
Dijuluki Tingkat Kemiskinan Ekstrim, Presiden Jokowi Kunker ke NTT
Berita ini 0 kali dibaca
Tag :

Berita Terbaru

Kupang

DPW MOI NTT Gandeng IKIF Gelar Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 20 Feb 2024 - 21:55

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi