Ratusan Pelari Dukung Jelajah Timur 2023 demi Alirkan Air Bersih di NTT

- Reporter

Jumat, 27 Oktober 2023 - 20:22

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ZONALINENEWS.COM, SOE – Di tahun kelima penyelenggaraannya, kegiatan lari amal Ultra Marathon Jelajah Timur akan dilaksanakan pada 27-28 Oktober 2023, dengan jarak tempuh 108 KM dengan rute SoE – Kupang. Lebih dari 80 pelari ultra marathon telah terpilih dan siap berlari demi menggalang dana untuk mewujudkan pengadaan air bersih di tiga desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT).
Akses terhadap air bersih menjadi permasalahan yang berdampak bagi perempuan dan anak perempuan yang memiliki beban tanggung jawab lebih banyak dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk keluarganya dengan berjalan sangat jauh. Hal ini diperburuk dengan adanya kekeringan berkepanjangan di NTT yang menyebabkan krisis air. Data dari pemerintah provinsi NTT pada tahun 2019 menunjukan bahwa 27,5% keluarga tidak memiliki akses ke air bersih.
Linda Sukandar, Direktur Resources and Mobilisation Plan Indonesia, mengungkapkan, beban yang dipikul oleh perempuan dan anak perempuan ini mengakibatkan tenaga dan waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan belajar habis untuk mengambil air. Selain itu sulitnya akses terhadap air bersih juga berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat dan serta proses tumbuh kembang anak, bahkan berpotensi menyebabkan stunting.
“Mengingat stunting di NTT adalah yang tertinggi di Indonesia. Demi mengatasi permasalah ini, Plan Indonesia telah berhasil mengumpulkan dana sebesar 1 milyar rupiah untuk membantu tiga desa di Kabupaten TTS, dua minggu lebih awal dari tahun sebelumnya. Setelah mengadakan kampanye ini selama empat tahun, Plan Indonesia sudah berhasil menyalurkan bantuan demi pemenuhan air bersih sebesar 6,1 milyar yang berdampak terhadap lebih dari 13 ribu jiwa dan tiga ribu keluarga di 13 desa di NTT” kata Linda kepada wartawan, Jumat 27 Oktober 2023.
Linda menambahkan, Plan Indonesia sangat berterima kasih kepada para pelari yang sudah membantu penggalangan dana, dan juga kepada masyarakat yang sudah berdonasi dan mendukung kampanye ini. Ketersediaan akses air bersih yang mudah dicapai dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak, untuk bertumbuh kembang dengan lebih baik, serta meningkatkan kualitas kesehatan, dan ekonomi bagi masyarakat secara umum.
Menurutnya, rangkaian Jelajah Timur tahun ini sudah dimulai pada 26 Oktober 2023, dimana para pelari mengunjungi Desa Naileu, salah satu desa penerima manfaat.
“Dalam kegiatan ini, para pelari melihat secara langsung kondisi salah satu desa yang mereka bantu, sambil berinteraksi dengan warga desa. Di hari yang sama, rombongan disambut secara adat oleh Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Egusem Pieter Tahun, ST. MM beserta jajarannya, tokoh agama, tokoh masyarakat, komunitas kaum muda, dan masyarakat.
Hari ini, pada 27 Oktober 2023, Ultra marathon ini akan dimulai dari kantor bupati TTS yang ikonik juga dan para Penjelajah Timur akan menempuh perjalanan selama 20 jam, dan FINISH lari di kantor Gubernur NTTT di kota Kupang,”
Sementara itu, Egusem mengungkapkan, kampanye Jelajah Timur ini merupakan inisiatif yang sangat baik, tidak hanya untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih, namun juga bisa sekaligus memperkenalkan berbagai keindahan lokasi serta keunikan budaya khas TTS kepada publik di skala nasional. Pemerintah serta masyarakat TTS pun menyambut baik serta turut terlibat bersama-sama dengan Plan Indonesia mempersiapkan kegiatan Jelajah Timur 2023.
Prof. Dr. Arlette Setiawan, drg., SpKGA, Subsp. AIBK(K), M.Psi, FSCDA, FiADH menuturkan alasannya mengikuti Jelajah Timur, “Bukan sekedar cari sehat tetapi juga lari supaya bermanfaat atau membawa perubahan bagi orang lain.
“Setidaknya hasil dari saya berlari sambil menggalang dana, sedikit banyaknya bisa membantu daerah yang menjadi target sasaran,” lanjut Prof. Arlette saat pemeriksaan Kesehatan gigi bagi 150 siswa di SDI Nenonaheun karena selain peserta Jelajah Timur, Arlette juga sebagai dokter gigi.
Plan Indonesia juga masih membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyalurkan dukungannya, baik secara individu maupun perusahaan demi misi pemenuhan akses air bersih ini. Dukungan bisa disalurkan melalui kitabisa.com/jelajahtimur. (*y3r)
Facebook Comments Box

Penulis : y3r

Editor : Hayer Rahman

Berita Terkait

Polisi Tetapkan 5 Orang Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan GOR di Kabupaten Kupang
Jadi Korban KDRT, Ivon Lusyana Minta Polres TTS Tangkap Pelaku
Tak Terpilih Maksimal, Inche Sayuna Tetap Layani Masyarakat Linamnutu
Tahapan Pemilu Masih Berlangsung, Tokoh Agama di TTS Imbau Warga Jaga Kamtinmas
Polres TTS Tetapkan 2 TSK Dugaan Tipikor Dana Kapitasi
Ratusan Pelari Dukung Jelajah Timur 2023 demi Alirkan Air Bersih di NTT
Shoto-Kai Target 2 Medali Emas Untuk NTT di PON Aceh 2024
Open Turnamen HIPAKAD Dandim Cup I, Dandim 1604/Kupang Minta Jaga Sportivitas
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 12:11

Kehadiran FKPT di NTT Dinilai Positif, Sejumlah Elemen Masyarakat Dorong Kolaborasi dan Kerjasama

Selasa, 11 Juni 2024 - 07:30

Indeteam Basketball Academy KU-12 Mengikuti Event Nasional LBE Summur Legue 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 07:14

Momen Kelulusan Siswa,SDN LELA Lakukan Tiga Rangkaian Temu Pisah

Rabu, 5 Juni 2024 - 21:24

Usai Diperiksa Sebagai Saksi, Jonas Salean : Saya Siap Maju Bertarung di Pilkada Kota Kupang

Rabu, 5 Juni 2024 - 14:59

PMI Kota Kupang Bantu Salurkan Air Bersih bagi Warga

Rabu, 5 Juni 2024 - 12:38

Gunung Lewotobi Laki – Laki di Flotim Kembali Erupsi, Status Waspada

Senin, 3 Juni 2024 - 16:48

CSAN Pertengahan Juli Deklarasikan Diri Sebagai Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang

Sabtu, 1 Juni 2024 - 12:57

51 Panitia Pengawas Pemilukada Kelurahan 6 Kecamatan Kota Kupang Dilantik

Berita Terbaru

Nusa Tenggara Timur

Momen Kelulusan Siswa,SDN LELA Lakukan Tiga Rangkaian Temu Pisah

Selasa, 11 Jun 2024 - 07:14

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi