PHK, Brand Menager Sinar Mas Kupang hindari Wartawan

- Reporter

Senin, 14 Juli 2014 - 07:38

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zonalinenews-Kupang ,-Salah Satu perusahaan Perkreditan Bank  Sinar Mas Multifinence Kupang diduga melakukan pemutusan hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap 8 orang karyawan tanpa alasan yang jelas . Karyawan yang dipecat tersebut pada umumnya sudah mengabdi selama kurang lebih 1 sampai 2 tahun di perusahaan tersebut . Demikian disampaikan salah mantan karyawan  Bank  Sinar Mas Multifinence Kupang , Andy Erwin Nunleni  dikantor Nekertrans Kota Kupang senin 14 Juli 2014 pukul 10.30 wita.

 

Bank Sinar Mas Kupang
Bank Sinar Mas Kupang

Menurut Andy dirinya sudah bekerja selama 1 tahun 4 bulan  karena tidak memenuhi target pemasaran, dirinya diberhentikan dari perusahanan tersebut. Padahal  ia telah menandatangi kontrok kerja sebagi karyawan Bank sinar Mas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“saya dipecat karena tidak memenuhi target sebagai marketing , saya sudah terhitung sebagai staf pemerasan kalau saya tidak memenuhi target paling tidak jabatan saya diturunkan menjadi Marketing Magang bukan langsung di PHK begini, “ujar  Andy kesal.

Andy Erwin Nunleni
Andy Erwin Nunleni

 

Andy Erwin Nunleni menambahkan, dirinya juga mempertanyakan tentang gajinya selama 6 bulan pada saat mangang  diirnya diyatakan bahwa gajinya sebesar 1.400.000,- (satu juta empat ratus ribu rupiah namum pada saat diterima di rekening bank Sinar Mas sebesar  1.200.000,- rupiah (satu juta dua ratus ribu rupiah ). Dan lebih aneh lagi setelah diterima sebagai karyawan tetap pada bagian pemasaran gajinya sebasar 1.400.000,- tetap dipotong juga disaat terima di rekening Bank Sinar Mas miliknya.

 

Lebih lanjut dikatakan Andy , tidak puas dengan hal tersebut akhirnya dirinya melaporkan masalah ini ke Dinas Nakertrans Kota Kupang  yang saat ini sedang memproses masalah ini . Ke 7 temanya yang senasib dengan dirinya adalah ,  Samuel Etidena , Yusuf Tomy Tulle, Yokobus  Kopong Leban, Ridwan, Ferdy Ndun Anastasia, Stef .

Sementara itu Brand Menager Bank Sinar Mas Kupang , Irene Tupen Tokan ketika dikonfermasi zonalinenews , melalaui sekurity lantai 1 Bank Sinar Mas  setelah menenpol Brand Meneger menjelaskan kepada tim zonalinenews, bahwa kaka –kaka wartawan silahkan menghubungi  Marketing lantai 3. ketika tim zonalinenews menjelaskan bahwa ingin meminta klarifikasi dari brand Meneger Sinar Mas dikatakan sekurity bahwa pak Iren menjelaskan  bahwa kaka kaka silahkan ke lantai 3 untuk menanyakan masalah ini  ke bagian marketing.

Setelah dilantai 3 Bank Sinar Mas salah satau staf ketika disampaikan bahwa ingin mewawancarai pimpinan yang berada di bagian marketing terkait PHK bagi 8 orang karyawan Sinar Mas, karyawan tersebut menjelaskan kaka tunggu sebentar, saya informasikan ke pimpinan dulu .  5 menit kemudian karyawan tersebut menghampiri tim zonalinenews dan menjelaskan  kaka wartawan silahkan ke Lantai 2 dan bertemu dengan Brand Menager Sinar Mas Kupang , Irene Tupen Tokan.

Akhirnya tim zonalinenews ke lantai 2 dan memenui salah satu staf Yendry N dan menjalskan tujuan kedatangan  tim zonalinenews untuk mewanwancarai itu Brand Menager Bank Sinar Mas Kupang , Irene Tupen Tokan terkait permasalahanPHK  8 karyawan Bank Sinar Mas Kupang, akhirnya karyawan tersebut menyuruh kami masuk di ruang tunggu Brand Manager dan ia  menemui Brand Menager Bank Sinar Mas Kupang , Irene Tupen Tokan. 3 menit kemudian karyawan tersebut menghampiri zonalinenews dan menyatakan bahwa bapak irene lagi sibuk tidak bisa diganggu.mendapat jawaban tersebut akhirnya tim zonalinenews meningalkan Bank Sinar Mas Kupang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang , Jerry Kadji Pana ditemui zonalinenews di ruang sidang DPRD Kota Kupang ketika dikonfermasi terkait  PHK 8 karyawan Bank Sinar Mas Kupang menjelaskan , pihaknya telah mendapat laporan  terkait masalah PHK 8 karyawan Bank Sinar Mas Kupang , saat ini laporan tersebut telah diproses dan  pihaknya telah melakukan pemangilan terhadapa Pimpinan Bank Sinar Mas Kupang. “Saat ini pihaknya melakukan mediasi antara kedua belah pihak yang bertikai untuk dicaraikan solusi kekeluargaan atas permasalah yang dialami baik oleh karyawan atau sebaliknya bagi perusahan yang melakukan PHK,’’jelas Jerry.

Jerry menambahkan, pihaknya hanya menfasilitasi untuk permasalahan ini diselesaikan secara baik-baik, bila itu tidak dilaksanakan dan tidak menemui kata mufakat, maka kedua belah pihak silahkan mengajukan masalah ini ke pengandilan Hubungan Industrial. “ Silahkan kalau masalah ini telah di fasilaitasi pemerintah dan tidak ada titik temu antara kedua belah pihak. Namum kalau sudah sampai ke pangadilan Hubungan Industrial ini kan akan memakan waktu dan yang rugi kedua belah pihaknya,” tambah Jerry.

Sementara itu Kepala Dinas Nakertrans Propinsi NTT Simon Tokan ketika dikonfermasi mengenai masalah PHK bagi 8 karyawan Bank Sinar Mas  di ruang kerjanya menjelaskan, dirinya berjanji kepada tim zonalinenews besok selasa 15 Juli 2014 akan mengirimkan pengawas Hubungan Industrial pada Dinasnya untuk mendatangi  Bank Sinar Mas Kupang, agar mendapat penjelasan terkait masalah tersebut karena ini merupakan tupoksinya.

“Ade-ade wartawan besok pagi (selasa 15 Juli 2014) bisa bersama tim pengawas  dari Nakertrans Propinsi NTT, untuk mendapatkan penjelasan mengenai masalah ini,”ungkapnya

Dirinya menambahkan, ada hak –hak  karyawan yang kadang kadang perusaaan lupa atau sengaja tidak membayaranya  dan ini yang menjadi persoalan. Namun jujur satu disisi lain NTT masih sangat minin perusahaan  yang memperkerjakan banyak orang  dan membuka lowongan kerja bagi hajat hidup orang banyak . Tapi prosedur juga harus jelas dan benar . “Untuk itu besok ade  wartawan bersama tim kami mendatangi  Bank sinar Mas untuk memastikan keberaran masalah Ini ,”tegas Simon.(*rusdy)

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Program Bangga Kencana Bukan Pemerintah Membatasi Hak Warga Untuk Memiliki Anak
Dukung UMKM Kaum Muda di Kota Kupang, Standard Chartered dan Plan Indonesia Gelar Business Meet Up Event
Pengembangan Jaringan Indosat di NTT Mengalami Peningkatan 3,7 Kali Lipat
Sebanyak 200 Warga Kurang Mampu di Kabupaten Flotim Dapat Bantuan Listrik Gratis Dari PLN NTT
KAI Commuter Terus Lakukan Inovasi Sistem Keamanan Bagi Penumpang
Melianus Atakay SST, MT Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah
Polres Alor tetapkan SS sebagai Tersangka Kasus Penganiayaan Ketua DPRD Kabupaten Alor
Dilaporkan Dugaan Tindak Pidana Pencurian, Sekwan Alor Klarifikasi Pengambilan Mobil Dinas Sesuai Aturan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 10:02

Ketua Sinode GMIT Sebut Jika PAN Berpihak pada Kaum Lemah pasti Kami Jadi Sahabat

Kamis, 4 April 2024 - 19:22

Mengenal Wasiat Wajibah dalam Pasal 209 KHI dan Putusan MA No. 51 K/AG 1999

Senin, 1 April 2024 - 14:13

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Paskah 2024

Senin, 1 April 2024 - 14:06

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1445 Hijrah

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:57

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Kupang Tahun Akademik 2024-2025

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:03

Ikatan Kaum Intelektual Fatule,u Menggelar Ibadat Pendalaman Alkitab di Asrama Marungga

Minggu, 25 Februari 2024 - 15:16

PENERAPAN DIVERSI DALAM PENYELESAIAN ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM.

Senin, 19 Februari 2024 - 22:01

Dede Kusdinar Caleg Gerindra Sementara Raih Suara Terbanyak di Dapil Jabar 14

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi