Pemuda Muhammadiyah NTT Gandeng Kementerian Komunikasi Gelar Talk Show Literasi Digital Tangkal Hoaks

- Reporter

Rabu, 20 Maret 2024 - 23:48

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zonalinenews-Kota Kupang, – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar Talk Show Literasi Digital Tangkal Hoaks.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Utama Gedung B Universitas Muhammadiyah Kupang Jalan, K.H Ahmad Dahlan No.17 Oebobo Kota Kupang, Rabu 20 Maret 2024 Pukul 15:30 Wita, dengan pemateri Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Prof.Dr.Zainur Wula, M.Si , Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Laode A.Kadir, Pimpinan Redaksi portal berita Zonalinenews, Rusydi Saleh Maga.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Prof. Dr Zainur Wula, M.Si dalam materinya mengatakan peran media adalah mempersatukan negeri ini, mendekatkan semua jarak tempat dan waktu menjadi satu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Prof Dr Zianur Wulla media digital memiliki peran entertainment, peran edukasi dan peran bisnis ekonomi, menjual ide gagasan maupun produk.

“Iklan itu seperti dewa (Mitologi Yunani) kemampuan mempengaruhi dalam hitungan menit dan detik, mampu menghipnotis mengubah jalan pikiran kita menuju kehendaknya. Untuk itu pengunaan media sosial tergantung dari kita”.ungkap Prof Dr Zianur Wulla.

Rektor menyimpulkan bahwa kelemahan mental itu adalah kegagalan dalam dunia pendidikan. Kemampuan untuk proteksi diri, kemampuan untuk memfilter perubahan adalah salah satu hasil yang dicapai dalam dunia pendidikan.

” Kita tidak bisa menolak perubahan apapun di dunia ini, tapi kita bisa mengikuti perubahan, menyaringnya dan tetap mempertahankan identitsa diri kita (identitas agama, identitas kenegaraan dan identitas kebudayaan), ” ungkap Prof Dr Zainur Wula.

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Ketua Bidang Media dan Informatika, Leode A. Kadir menyampaikan bahwa berkaitan dengan hoaks atau sering disebut dengan berita palsu adalah informasi yang sengaja disebarluaskan dengan tujuan menyesatkan atau menipu orang lain.

Dikatakannya hoaks tidak memiliki bukti yang valid dari sumber yang tidak terpercaya, hoaks dapat menyebabkan masyarakat mempercayai informasi yang salah sehingga membuat keputusan yang tidak tepat.

Untuk itu kata Laode langkah-langkah preventif dan penegakan hukum dapat melindungi masyarakat dari dampak negatif penyebaran hoaks dan memastikan bahwa informasi yang beredar di era digital adalah akurat.

” Bagi kaum milenial yang sudah terjerumus dalam hal-hal yang bersangkutan dengan hoaks upaya untuk mengatasi hal tersebut tergantung dalam diri kita, “jelas Leode A. Kadir.

Pimpinan Redaksi zonalinenews, Rusydi Maga menjelaskan bahwa sebagai wartawan dirinya sangat tersinggung ketika pekerjaan wartawan diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan hoaks seolah -oleh itu suatu karya jurnalistik.

Untuk itu menurut Rusydi Untuk mendeteksi berita hoaks harus baper “Baca, Pelajari, Respon”

” Baca beritanya dari awal hingga akhir. Pelajari isi berita fakta atau tidak. Merespon berita yang disampaikan dengan melihat nerasumber dalam berita itu, apakah kompeten atau tidak. Merespon dengan memperhatikan apakah ada konfirmasi atau ada pernyataan dari pihak-pihak yang disebutkan dalam berita tersebut, ” Jelas Rusydi.

Ditambahkan jangan lupa untuk respon apakah situs yang menyajikan berita tersebut portal berita resmi atau hanya sekedar konten.

Untuk mencegah penyebaran hoaks Rusydi berpesan bila menerima informasi apapun apalagi mencurigakan perlu mencerna berita tersebut lebih dahulu, pikir dulu sebelum dishare, sharing dulu sebelum dishare.

Pantauan wartawan
Moderator pada diskusi tersebut Fathur Dopong, S.Pd. untuk peserta adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang, Ortom Muhammadiyah, siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Kupang, Organisasi Daerah dan Komunitas Lokal. (* Penulis Marsel Nomeni)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Jadi Korban KDRT, Ivon Lusyana Minta Polres TTS Tangkap Pelaku
Target 30-45 Ribu KTP, Djainudin Lonek Yakin Lolos Pintu Independen di Pilkada Kota Kupang
Usai Rakerwil Perdana, Forum Pemuda NTT Rencana Mendirikan Koperasi
Pimpinan dan Anggota Beserta Seluruh Staf DPRD Kota Kupang Mangucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Lapas Perempuan Kupang Tingkatkan Pengawasan
Pawai Kupang Bertakbir akan Dilaksanakan Selasa 9 April 2024
Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Tinjau Pelayan di Puskesmas Induk Oepoi
Pemprov NTT dan BKKBN Bangun Komitmen Bersama Untuk Kurangi Stunting di NTT
Berita ini 78 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 10:02

Ketua Sinode GMIT Sebut Jika PAN Berpihak pada Kaum Lemah pasti Kami Jadi Sahabat

Kamis, 4 April 2024 - 19:22

Mengenal Wasiat Wajibah dalam Pasal 209 KHI dan Putusan MA No. 51 K/AG 1999

Senin, 1 April 2024 - 14:13

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Paskah 2024

Senin, 1 April 2024 - 14:06

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1445 Hijrah

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:57

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Kupang Tahun Akademik 2024-2025

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:03

Ikatan Kaum Intelektual Fatule,u Menggelar Ibadat Pendalaman Alkitab di Asrama Marungga

Minggu, 25 Februari 2024 - 15:16

PENERAPAN DIVERSI DALAM PENYELESAIAN ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM.

Senin, 19 Februari 2024 - 22:01

Dede Kusdinar Caleg Gerindra Sementara Raih Suara Terbanyak di Dapil Jabar 14

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi