Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Kupang Belum Sesuai Standar

- Reporter

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 05:08

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zonalinenews-Kupang,- Pemerintah Kota Kupang dalam hal Ini Badan Penelitian dan Pengembangan (Batlimbang) Kota Kupang bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang mengeluarkan beberapa rekomondasi berdasarkan hasil kajian  dalam rangka peningkatan kualitas Mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kupang diantaranya kondisi riil Sumber Daya  Manusia (SDM) tenaga kesehatan di RSUD Kota Kupang berdasarkan jumlah dan kompetensi belum memadai. “Untuk itu perlu peningkatan SDM serta jumlah dan kompetensi tenaga,”demikian disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Kupang , Gosa Yohannes diruang kerjanya Jumat 29 Agustus 2014 pukul 10.30 wita.

RSUD Kota Kupang

Menurutnya ,  Pelayanan medis dan non medis di RSUD Kota Kupang belum optimal sesuai standar Operasinal Prosedur (SOP) yang ada, untuk itu disesuaikan dengan SOP berlaku yaitu Rumah Sakit Tipe C. “ Pelayanan Kesehatan yang berhubungan dengan perilaku keandalan,kemampuan daya tanggap, empaty, dan ketepatan waktu belum optimal. Dan fasilitas di RSUD kota Kupang yang belum sesui SOP Rumah Sakit Tipe C, serta pembiayaan kesehatan di RSUD Kota kupang yang dibebankan kepada masyarakat  masih tinggi,”Jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dirinya menjelaskan, Perlunya peningkatan fasilitas di RSUD Kota Kupang berupa pembagunan fisik baik dari jumlah dan kontruksinya yang memberikan dan menunjang kenyamanan serta keamanan bagi petugas pasien diantaranya, Pembangunan ruang inap sesuai SOP Rumah Sakit  Tipe C , kelas I,II,II dan kelas VIP. Pembangunan Kamar jenazah dengan seluruh fasilitas penunjang. Pembangunan ruang Inap bayi sesuai SOP, Pembangunan instalasi pembuangan air limbah(IPIL). Pembangunan Instalasi air bersih. Serta penataan taman parkir, kantin bagi pengunjung atau karyawan, serta perlu pengadaan fasilitas umum berupa ATM, Mushola, dan tempat Fotocopy di kawasan RSUD Kota Kupang.

Gosa menambahkan, pembiayaan kesehatan di RSUD kota kupang yang dibebankan kepada masyarakat disesuaikan dengan BPJSKN untuk itu agar pembiayaan kesehatan di RSUD Kota kupang yang dibebankan kepada masyarakat  masih tinggi  perlu dilakukan pembenahan SDM , Fasilitas , pdembiayaan sesuai BPJSKN, sehingga Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kupang dijadikan sebagai rumah sakit rujukan. ”Dengan  ditindaklanjutinya rekomondasi ini oleh RSUD kota Kupang secara bertahap dapat menyelesaikan persoalan  pelayanan kesehatan yang saat ini belum tertangani dengan baik ,” ungkap Gosa.

Lebih lanjut dikatakan Gosa,hasil kajian tentang pelayanan kesehatan di RSUD Kota ini , rencana akan ditindak melalui rapat pembahanas hasil rekomndasi ini dengan Dinas Terkait yang dipimpin oleh Sekda Kota Kupang kemudia , hasil tersebut akan dilanjutkan ke Walikota Kupang.”Pihaknya akan mengawal hasil rekomondasi tersebut , dan akan memperjuangkannaya pada sidang di  DPRD Kota Kupang , sehingga damapk dari kajian ini akan memberikan Pelayanan yang prima kepada Masyarakat oleh Rumah Sakit Kota Kupang, serta berdampak positifnya pada peningkatan PAD Kota Kupang,”tegas Gosa. (*rusdy)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kader Posyandu di Desa Nadawawi Terima 5 Unit Antropometri
Diabaikan Pemda Dan DPRD Flotim, Nakes Gelar Aksi 1000 Lilin di Halaman RSUD
Kedubes Jepang Untuk Indonesia Hibah Bantuan Alkes di Rumah Sakit Cancar
HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Manggarai Gelar Donor Darah
Dapur Kelor Sosialisasi Pengolahan Daun Kelor Menggunakan Metode Mesin Pengering di Kodim 1624 Flotim
Pastikan Kenyamanan Penunpang, Babinsa Pantau Pelabuhan Laut Lembata
Polres Merto Jakarta Pusat Berhasil Tangkap Sindikat Jaringan Sabu Kualitas Terbaik
Dijuluki Tingkat Kemiskinan Ekstrim, Presiden Jokowi Kunker ke NTT
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 20:35

Pimpinan dan Anggota Beserta Seluruh Staf DPRD Kota Kupang Mangucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah

Jumat, 5 April 2024 - 20:53

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Lapas Perempuan Kupang Tingkatkan Pengawasan

Jumat, 5 April 2024 - 17:13

Pawai Kupang Bertakbir akan Dilaksanakan Selasa 9 April 2024

Kamis, 4 April 2024 - 21:50

Pemprov NTT dan BKKBN Bangun Komitmen Bersama Untuk Kurangi Stunting di NTT

Kamis, 4 April 2024 - 20:34

Program Bangga Kencana Bukan Pemerintah Membatasi Hak Warga Untuk Memiliki Anak

Kamis, 4 April 2024 - 16:59

Plt Kenkamenag Alor Buka Musyawarah Guru Mata Pelajaran

Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:33

2 April 2024 Besok Arus Lalu Lintas di Jembatan Ditutup Sementara, Ini Alasannya

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:34

Pria Paruh Baya Warga Mebba Sabu Barat Ditemukan Tewas Gantung Diri

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi