Mengenal Sosok Umbu Duang Maga Maupadji Menjabat Kepala Desa Baliloku  3 Periode

- Reporter

Kamis, 4 Januari 2024 - 21:28

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Zonalinenews-Sumba Barat,- Bupati Sumba Barat, Yohanis Dede SH , Jumat 29 Desember 2023 di lapangan upacara kantor Bupati melantik 60 kepala desa di sumba Barat dimana 43 kepala desa terpilih melalui pemilihan sedangkan 17 lainnya ditunjuk (kratekar) dalam rangka desa persiapan.

Yang menarik dari pelantikan tersebut adalah salah satu kepala desa yang dilantik yaitu Umbu Duang Maga Maupadji, S. Sos, (Umbu Mema biasa disapa) yang dilantik sebagai kepala Desa Baliloku yang ke -3 kalinya (3 periode berturut-turut)

Desa Baliloku sendiri terletak di Kecamatan Wanukaka Kabupaten Sumba Barat  propinsi Nusa Tenggara Timur .

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Sumba Barat Yohanis Dede SH usai acara pelantikan memberikan apresiasi kepada kepala desa Baliloku Umbu Duang Maga Maupadji yang sudah 3 kali terpilih sebagi kepala desa.

“Ini bukan suatu perialanan yang gampang tentu merupakan suatu prestasi yang luar biasa , “ucap Yohanis Dede.

Keberhasilan Umbu Mema, kata Bupati Sumba Barat ditunjang oleh istri Kiki Day ( Hakim di Pengadilan Negeri Makasar dan pernah menjabat sebagai ketua Pengadilan Negeri Sumba Barat) yang luar biasa, sangat menopang berbagai kegiatan pemberdayaan kaum perempuan di desa Baliloku.

Kepala Desa Baliloku adalah kepala desa yang mau berkorban untuk mempercepat pembangunan di desanya .

“Beliau adalah contah teladan bagi anak muda di kecamatan Wanukaka dan Sumba Barat, ” ungkap Yohanis Dede.

Ditambahkannya, Umbu Mema sosok yang luar biasa yang rela meninggalkan kota dan meninggalkan kemewahan-kemewahannya di propinsi , mau datang membangun desa yang sepi.

Umbu Meme adalah figur yang sangat dicintai masyarakat dan belum ada satu figurpun yang mampu mengimbanginya.

Mengenal Umbu Duang Maga Maupadji

Umbu Mema menghabiskan masa kecil di Kupang bersekolah di SD Negeri Naikoten 1 Kupang, SMP Negeri 4 Kupang dan melanjutkan pendidikan SMA di Jakarta , setelah itu melanjutkan kuliah Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa ( STPDM) Jogjakarta jurusan Sosial. Usai menyelesaikan kuliah di Jogja Umbu Meme akhir tahun 1990 kembali ke kampung halaman Wanukaka untuk mengelola aset tanah dan sawah milik kakek yang lama tidak dikelola dengan baik menjadi seorang petani. 2 tahun kemudian Umbu Mema ditunjuk sebagai ketua Kelompok Tani desa Baliloku , selama menjadi ketua kelompok tani, umbu Mema bersama kelompok berhasil memproduksi beras dengan lebel sendiri dan berhasil memenuhi kebutuhan beras di kota Waitabula dan Waikabubak.

Pada tahun 2010 masyarakat desa meminta Umbu Mema maju sebagai kepala Desa dan pada tahun 2011 pemilihan, dari 1200 pemilih 1100 memilih Umbu Mema sebagai kepala Desa Baliloku.

Di tahun kedua 2017 proses pemilihan sama dengan tahun 2011 masyarakat datang meminta Umbu Mema tetap menjadi kepala Desa dan dia terpilih kembali.

Di tahun 2023 diakhir jabatan Umbu Mema kembali diminta menjadi kepala desa Baliloku dan Umbu Mema kembali terpilih sebagai kepala Desa Baliloku ketiga kalinya periode 2023-2029.

Umbu Mema terlahir dari orang tua terpandang di Nusa Tenggara Timur, Almarhum Nailu Djuga Tana ( Alumni UI fakultas Ekonomi tahun 1959) dan menjabat Direktur Bank NTT 2 periode. Kepala Statistik Propinsi NTT dan Wakil Ketua Bapeda NTT. Ibu Kandung Umbu Mema, Almarhumah, Rambu Djuga Tana Kapita adalah seorang tokoh wanita di NTT yang sangat peduli soal pembangunan kesehatan ibu hamil dan bayi. Rambu Djuga (Alumni Sekolah Perawat Cikini Jakarta) pernah menjabat sebagai ketua Pokja IV Tim PKK di jaman Ibu Musakabe ( Istri Gubernur NTT ke 5 , Herman Musakabe, Ibu Fernandez ( istri Gubernur NTT ke 4 Hendrikus Farnandez) dan Nafsiah Mboi (Istri Gubernur NTT ke 3 Ben Mboi) hingga akhirnya sebagai Relawan PKK di jaman ibu Adinda Lebu Raya ( Istri Gubernur NTT ke 7 Frans Lebu Raya)

Karena didikan kedua orangtuanya serta suri tauladan kedua orang tua membentuk karakter Umbu Mema.
Yang akhirnya membuat Umbu mema dan istri Kiki Day pulang mengabdi di kampung halaman desa Baliloku dengan slogan hidup “aku pingin berbuat lebih banyak dengan apa yang sudah aku perbuat” Untuk tetap membangun desa baliloku bersama istrinya menjadi desa yang ramah ibu dan anak, desa yang memproritaskan pariwisata dan mempersilahkan para pelancong untuk menginap di rumah Umbu Mema. Apabila pelancong ingin menyaksikan acara adat seperti pasola dan pajura umbu Mema dan istri bersedia menjadi tuan rumah yang baik.

Pada ketahan pangan Umbu Mema dan istri secara swadaya melakukan pengembangan jagung di lahan seluas kurang lebih 140 hektar jagung dengan bibit unggul Hibrida dengan pengelolan menggunakan mesin traktor dan penyiangan dengan ebrisida pemupukan dengan target minimal 1 hakter jagung dipanen 5 ton dan itu disumbangkan secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Kiki Day bersama ibu -ibu di desa Baliloku selain menanam sayuran juga tanaman obat-obatan disekitar rumah serta bantuan 10 ribu benih ikan air tawar dari pemerintah kabupaten Sumba Barat dibagikan kepada masyarakat.

Umbu Mema dan istri juga memberikan berkat mereka kepada 200 KK di Desa Baliloku berupa ayam Kampung super untuk masing-masing Kepala Keluarga (KK) 4 ekor betina dan 1 ekor jantan dengan harapan bantuan berupa ikan, ayam dan telur yang dihasilkan serta sayur dan tanam obat bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan pangan serta obat dalam rumah, selebihnya bisa dijual oleh rumah tangga masing- masing dan uangnya bisa dipergunakan untuk baiya pendidikan anak. (* Kontributor Enos Neparasi)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Dari Bullyan Termotivasi Hingga Meraih Juara di Kejuaraan Shorinji Kempo
Kenshi Dojo LBH Surya NTT Raih 9 Medali di Tuornamen Kejuaraan Kempo Antar Daerah Se NTT – RDTL
Lapas Perempuan Kupang Terima Akta Pendirian Koperasi
George Hadjoh, Jefri Riwu Kore dan Jonas Salean Raih Dukungan Tertinggi Sebagai Calon Walikota Kupang Terfavorit 2024
PKB – NasDem Siap Bentuk Tim Deklarasi Pemenangan George Hadjoh dan Ewalde Taek
NasDem – PKB Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang, Usung George Hadjoh dan Ewalde Taek
Jonas Salean : Golkar – Hanura Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang
Cegah Paham Radikal dan Terorisme, BNPT – FKPT NTT Gelar Kegiatan Camping Keberagaman
Berita ini 26 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 19:54

Dari Bullyan Termotivasi Hingga Meraih Juara di Kejuaraan Shorinji Kempo

Rabu, 17 Juli 2024 - 00:18

George Hadjoh, Jefri Riwu Kore dan Jonas Salean Raih Dukungan Tertinggi Sebagai Calon Walikota Kupang Terfavorit 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:37

PKB – NasDem Siap Bentuk Tim Deklarasi Pemenangan George Hadjoh dan Ewalde Taek

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:48

Jonas Salean : Golkar – Hanura Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang

Kamis, 4 Juli 2024 - 23:42

Dapat Dukungan PDI Perjuangan dan PAN, Lusia Adinda Terus Bangun Komunikasi Dengan Parpor Lain

Kamis, 4 Juli 2024 - 18:14

Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Resmi Kantongi SK dari PAN

Minggu, 30 Juni 2024 - 01:05

Lusia Adinda Lebu Raya Temui Tokoh Umat di Kelurahan Kolhua

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:24

Pilkada Kota Kupang, Yeskiel Loudoe : PDI Perjuangan Siap Menangkan Jeriko dan Lusia Adinda

Berita Terbaru

Kepala Lapas Perempuan Kupang Dewi Andriani Terima Akta Pendirian Koperasi

Nusa Tenggara Timur

Lapas Perempuan Kupang Terima Akta Pendirian Koperasi

Kamis, 18 Jul 2024 - 19:37

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi