Ketuk Lima Kali, Bupati Flotim Lepas 18 Calon Jemaah Haji

- Reporter

Selasa, 15 Agustus 2017 - 22:11

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Pose bersama caon jamaah Haji Flotim

Bupati Pose bersama caon jamaah Haji Flotim

Bupati Pose bersama caon jamaah Haji Flotim
Bupati Pose bersama caon jamaah Haji Flotim

Zonalinenews.com-Larantuka, Pemandangan unik dan menarik serta tidak biasanya dilakukan para pemimpin dalam mengetuk palu diperlihatkan Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST ketika melepas 18 orang Calon Jemaah Haji asal Flores Timur musim haji tahun 1438 Hijriah 2017 Masehi Selasa, 15 Agustus 2017  bertempat di Aula Setda Flores Timur.

Pengetukan palu sebanyak lima kali sebagai tanda resminya pelepasan Calon Jemaah Haji asal Flores Timur yang tidak biasa dilakukan bagi Bupati Anton adalah melambangkan Rukun Islam ke Lima dan Pancasila serentak mendapat aplus meriah dari para peserta.

Dalam sambutannya yang dihadiri Ketua DPRD, unsur Forkompinda, Ketua MUI, para Alim-Ulama,Tokoh Masyarakat, Pimpinan BUMN, BUMD dan Ketua Ikatan Ikatan Perasaudaraan Haji Indonesia-Flores Timur serta ke 18 Calon Jemaah Haji yang terdiri dari 8 orang pria dan 10 orang wanita masing-masing dari Kecamatan Larantuka 6, Adonara Timur 4, Solor Timur 4, Adonara 2 dan Klubagolit 2 orang

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Anton Hadjon mengatakan perjalanan menunaikan Ibadah Haji merupakan perjalanan rohani untuk memenuhi rukun Islam ke lima bagi yang mampu serta memperkenalkan dengan lingkungan bathin dan kesejaharan langsung sehingga bisa meyerap ilham yang akan memperkuat keimanannya.

Lanjut Bupati, Ibadah Haji juga merupakan sebuah ekspresi keyakinan dimana ibadah ini adalah puncak pengalaman bathin seorang Muslim merupakan sebuah perjalanan spiritual dalam melintasi sejarah para Rasul.

Masih menurut Anton, Ibadah Haji dengan berbagai ritual di dalamnya serta dalam kondisi emosi keimanan yang tinggi semestinya menghantarkan seorang kepada suatu titik bahwa mereka hanyalah seorang hamba dihadapan sang pemilik jagad raya untuk selanjutnya akan melahirkan kesadaran bahwa tidak ada ruang yang layak bagi mereka kecuali ruang penghambaan dan ketaatan kepada setiap perintah dan larangannya.

Anton juga melihat dan percaya bahwa moment akbar  ini mempertemukan seluruh Muslim di dunia sehingga terjalin kedekatan satu dengan sesamanya yang dapat memperat kuatnya tali persatuam umat Islam  namun tidak melahirkan hal-hal yang negative.

“saya punya keyakinan cerita-cerita negativ tentang sebuah pertemuan akbar yang kemudian berakhir pada rusaknya keimanan itu tidak terjadi pada Calon Jemaah Haji asal Flores Timur,”tuturnya.

Selain itu menurut Anton, esensi ibadah haji selain melaksanakan rukun Islam yang ke lima juga, juga bertujuan membentuk karakter umat Islam yang mampu menunjukkan kesalehan sosial seorang haji mabrur adalah perilaku yang sesuai tuntutan akidah Islam dan norma sosial lainnya.

Bupati Anton juga berharap para Calon Jemaah Haji asal Flores Timur selama di perjalanan sampai ke Tanah Suci bisa menciptakan kebersamaan antar sesama jemaah solid, harmonis dan panadai bersyukur menjunjung tinggi nilai akidah serta menjaga nama baik dan citra Indonesia serta Lewo Tanah Flores Timur tercinta, tegas Anton Hadjon Bupati Flores Timur.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD, unsur Forkompinda, Ketua MUI, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan BUMN, BUMD dan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Flores Timur.

Diketahui, Rombongan Calon Jemaah Haji Flotim rencananya akan diberangkatkan Rabu, (16/8) pukul 17:15 dari Bandara Gewayan Tanah-Larantuka menggunakan pesawat NAM Air menuju Kupang dan dilanjutkan ke Surabaya menggunakan dengan Sriwijaya Air pukul 15:00 Wita.

Selanjutnya Rombongan diinapkan di Asrama Haji Sukolilo-Surabaya tanggal 18 Agustus yang nantinya akan ke Jedah-Arab Saudi tanggal 19 Agustus.  Setelah berada di Tanah Suci sebulan lebih rombongan akan kembali ke tanah air tanggal 29 September via Medinah-Surabaya-Kupang dan akan tiba kembali di Larantuka-Flores Timur tanggal 1 Oktober 2017. (*Bony/Ritha).

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Labuan Bajo Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, Pemprov NTT Ucap Terima Kasih Kepada Presiden Jokowi
Sedih Lorong Ditutup Tetangga Sendiri Janda di Kota Reinha-Larantuka 3 Tahun Terlunta di Kontrakan
Persiapan Aliansi Lebao Bangkit Demo Pemda Flotim Ini 3 Tuntutan
Tim Juri Independen Akan Melakukan Penilaian Terhadap Lomba Kebersihan di Kota Kupang
Diabaikan Pemda Dan DPRD Flotim, Nakes Gelar Aksi 1000 Lilin di Halaman RSUD
PMKRI Ruteng: Usut Tuntas Oknum Dalam Pusaran Dugaan Korupsi Pembangunan Terminal Kembur
Kasus Pengadaan Lahan Terminal Kembur, Jaksa Tahan BAM dan GJ
Hari Ini, Tiga Tersangka Dana Covid-19 Dikonfrontir
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:48

Jonas Salean : Golkar – Hanura Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang

Kamis, 4 Juli 2024 - 18:14

Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Resmi Kantongi SK dari PAN

Minggu, 30 Juni 2024 - 01:05

Lusia Adinda Lebu Raya Temui Tokoh Umat di Kelurahan Kolhua

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:24

Pilkada Kota Kupang, Yeskiel Loudoe : PDI Perjuangan Siap Menangkan Jeriko dan Lusia Adinda

Sabtu, 22 Juni 2024 - 22:00

Bangun SDM dari Keluarga, Robert Fanggidae : Merancang Karakter Pemimpin Yang Jujur dan Anti Korupsi

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:28

Kunjungi Kerabat di Kelurahan Penfui, Lusia Adinda Lebu Raya Serap Aspirasi Warga

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:43

Idul Adha 1445 Hijriah, PW Persatuan Islam (PZU) NTT Sembelih 1 Ekor Sapi Kurban Mudhohi

Selasa, 18 Juni 2024 - 19:30

Majid Al – Alak Kota Kupang Sembelih 18 Ekor Sapi dan 13 Ekor Kambing Kurban

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi