KAKI “Sharing For Rote”

- Reporter

Jumat, 15 April 2016 - 00:29

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kegiatan Kaki

Kegiatan Kaki

Kegiatan Kaki
Kegiatan Kaki

Zonalinenews-BAA, Komunitas Aksi Kesehatan Indonesia (KAKI) pada Sabtu, 9 April 2016 menyelenggarakan Program Sharing For Rote (SFR) di Kabupaten Rote Ndao  yang  berpusat di Desa Ndau Kecamatan Rote Barat Laut. Sharing For Rote (SFR) merupakan Program KAKI yang dilaksanakan oleh Relawan-relawan terbaik yang dikumpulkan dalam wadah  KAKI.

Para relawan terjun langsung ke daerah secara sukarela untuk memainkan peran promosi dan pendidikan kesehatan yang adalah ilmu sekaligus seni yang mana  melakukan Penyuluhan dan Pelatihan dengan isu-isu penting terkait Daur Ulang Sampah, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Reproduksi Ibu dan Remaja, Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), dan Apotik Hidup.

Kurang lebih 24 Relawan terlibat dalam kegiatan ini. Relawan-relawan tersebut adalah relawan penyuluh kesehatan dan fotografer yang dihimpunlewat open recruitment Sharing For Rote (SFR) lewat media sosial Komunitas Aksi Kesehatan Indonesia (KAKI). Selain para relawan KAKI, dalam kegiatan initerlibat pula mitra sahabat untuk mensukseskan kegiatan ini seperti Beribuku, Rote Bergerak, Khamu Rote Ndao, Pengajar Muda Indonesia Mengajar, Gereja Imanuel Ndau, komunitas-komunitas masyarakat lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Koordinator Program Sharing For Rote (SFR) ketika dimintai keterangannya setelah kegiatan Minggu, 10 April 2016 menjelaskan bahwa secara pribadi dia sangat bersyukur bisa terlibat sebagai relawan sekaligus sebagai Koordinator Program SFR untuk berbagi tentang isu-isu terkait kesehatan masyarakat Indonesia.

 “Saya merasa ini panggilan saya dan teman-teman sebagai tenaga kesehatan masyarakat. Panggilan kami yah seperti ini, yaitu turun langsung ke masyarakat dan berbagi informasi-informasi pentingterkait kesehatan dan sekaligus berusaha untuk memberdayakan masyarakat”, ungkap .

KAKI  yang sebagian besar relawannya adalah anak-anak muda yang peduli dengan kesehatan masyarakat Indonesia pada kesempatan Sharing For Rote (SFR)  melakukan kegiatan “Pelatihan Daur Ulang Sampah” untuk masyarakat di Desa Tuah Lima Ndau, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao dengan mendatangkan salah satu relawan yang selama ini menjadi Fasilitator/Konsultan terbaik bidang daur ulang sampah di Nusa Tenggara Timur, Pak Piter Pa. Pelatihan ini dilaksanakan dalam gedung Gereja Imanuel Ndau. Pelatihan yang diikuti oleh kurang lebih 15 peserta ini berhasil menghasilkan output beberapa item daur ulang sampah, dan harapannyapelatihan ini dapat mendatangkan manfaat demi mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan dan juga memberdayakan secara ekononi masyarakat setempat.

Sementara itu, salah satu unit kegiatan lain yang telah dilaksanakan adalah Pelatihan Pemberian Makanan untuk Bayi dan Anak (PMBA) bagi ibu-ibu di Desa Ndau, Kec. Rote Barat Laut.

Pelatihan yang dibawakan oleh relawan-relawan KAKI Hermince Brikmar dan kawan-kawan dengan metode Participatory Learning and Action (PLA) dan Ludo Games ini membuat ibu-ibu sangat berantusias untuk mengikutinya.

 Antusiasme tersebut diharapkan berbuah manis dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan ibu-ibu peserta mengenai isu 1000 Hari Pertama Kehidupan, Inisiasi Menyusu Dini, Pembuatan Makanan Bergizi berbasis pangan lokal, dan isu-isu penting lain terkait PMBA.

Relawan-relawan KAKI juga melakukan penyuluhan-penyuluhan kesehatan kepada anak SD, anak SMP, ibu-ibu, kader posyandu, dan lain-lain terkait Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), Kesehatan Reproduksi, dan Apotik Hidup di sekolah-sekolah, posyandu, dan rumah ibadah. Selain itu, KAKI juga berkontribusi dalam Program Aksi “Buku untuk Rote” yang merupakan program dari Beribuku.

Menanggapi keseluruhan kegiatan, tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama di daerah setempat Pdt. Iswardi Lay ketika dimintai pendapatnya, mengucapkan terima kasih untuk KAKI sudah mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya untuk datang ke Rote untuk melakukankegiatan-kegiatan berbagi pengetahuan dan keterampilan terkait kesehatanyang mana dianggap sangat memberkati masyarakat setempat dan jemaat Gereja Imanuel Ndau.

Pada kesempatan lain, Direktur Umum KAKI, Daud Imanuel Sandy Illu manyampaikan syukurnya kegiatan Sharing For Rote (SFR) telah berjalan dengan baik. Sejatinya,lewat SFR Komunitas Aksi Kesehatan Indonesia (KAKI) ingin membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di daerah dengan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan, diskusi, dan lain-lain. KAKI juga mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat langsung kepada sasaran, khususnya dalam aspek promosi dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat. (*tim/dim )

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kader Posyandu di Desa Nadawawi Terima 5 Unit Antropometri
Diabaikan Pemda Dan DPRD Flotim, Nakes Gelar Aksi 1000 Lilin di Halaman RSUD
Kedubes Jepang Untuk Indonesia Hibah Bantuan Alkes di Rumah Sakit Cancar
HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Manggarai Gelar Donor Darah
Dapur Kelor Sosialisasi Pengolahan Daun Kelor Menggunakan Metode Mesin Pengering di Kodim 1624 Flotim
Pastikan Kenyamanan Penunpang, Babinsa Pantau Pelabuhan Laut Lembata
Polres Merto Jakarta Pusat Berhasil Tangkap Sindikat Jaringan Sabu Kualitas Terbaik
Dijuluki Tingkat Kemiskinan Ekstrim, Presiden Jokowi Kunker ke NTT
Berita ini 0 kali dibaca
Tag :

Berita Terbaru

Kupang

DPW MOI NTT Gandeng IKIF Gelar Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 20 Feb 2024 - 21:55

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi