KAI Commuter Terus Lakukan Inovasi Sistem Keamanan Bagi Penumpang

- Reporter

Rabu, 2 Agustus 2023 - 16:34

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pelayanan Petugas Terhadap Penumpang KAI Commuter

Pelayanan Petugas Terhadap Penumpang KAI Commuter

ZONALINENEWS.COM, JAKARTA – KAI Commuter sebagai penyedia layanan transportasi publik, terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggunanya saat menggunakan Commuter Line. Hal ini diungkapkan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui siaran pers, Rabu 2 Agustus 2023.
Menurutnya, rata – rata pengguna Commuter Line Jabodetabek saat ini yang hampir 900 ribu orang tiap harinya, KAI Commuter percaya bahwa kualitas layanan menjadi kunci, kepuasan para penggunanya. Oleh karena itu, berkaca dari kebutuhan masyarakat yang beragam KAI Commuter terus meningkatkan pelayannnya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunanya.
“Dalam rangka mencegah terjadinya tindak  kriminal dan tindakan yang melanggar norma susila atau norma agama di area stasiun maupun di dalam perjalanan, KAI Commuter sejak Agustus 2010 lalu telah meluncurkan layanan Kereta Khusus Wanita (KKW) yang tersedia di setiap kereta pertama dan terakhir rangkaian Commuter Line. KKW ini dapat digunakan pengguna perempuan tanpa bersatu dengan pengguna laki – laki,” kata Purba.
Selain itu, KAI Commuter juga telah mengoperasikan sistem CCTV _Analytic_ di stasiun-stasiun commuter line. Sistem ini merupakan inovasi KAI Commuter dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para penggunanya, dimana dalam sistem CCTV _Analytic_ ini dapat merekam wajah pengguna yang masuk ke dalam stasiun untuk dijadikan _database._
“Selain merekam wajah, sistem ini juga bisa menganalisa hal lain seperti pakaian yang dikenakan atau barang bawaan lainnya yang bisa dijadikan _database_ pada proses analisa dan pencarian dengan sistem CCTV _Analytic_ ini. Jika terditeksi dan terdapat kecocokan wajah ataupun hal lainnya, sistem ini akan memberikan notifikasi saat terekam CCTV _Analytic_ ini,” ungkapnya.
“Selain dengan inovasi sistem CCTV _Analytic_ ini, KAI Commuter juga mendinaskan Petugas Pengamanan KRL (PAM WALKA) disetiap perjalanan Commuter Line (SF8 & SF10 sebanyak 3 Petugas PAM Walka dan SF12 sebanyak 4 Petugas PAM Walka) yang akan secara rutin berpatroli saat di dalam perjalanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna. KAI Commuter juga menyiagakan petugas pengamanan dan menyiagakan petugas dari pengamanan tertutup di area stasiun maupun di dalam Commuter Line,” katanya.
Untuk mencegah tindak kriminal di tranportasi publik, lanjut Purba KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap memperhatikan situasi disekitar mereka. Segera laporkan ke petugas jika melihat hal-hal yang mencurigakan, atau bisa juga segera menghububungi Contact Center 021-121.
“Saat menghadapi situasi yang tidak menyenangkan atau mengalami tindakan kriminal atau asusila segera lapor petugas yang ada di Commuter Line maupun di area Stasiun. Selain itu pengguna juga bisa berteriak untuk mendapatkan perhatian pengguna lainnya, atau juga bisa gunakan benda atau barang-barang bawaannya sebagai alat untuk membela diri.
Dia berharap, untuk mencegah terjadinya kembali tindak kriminal di dalam perjalanan Commuter Line, KAI Commuter mengajak kepada korban untuk melanjutkan proses hukumnya kepada pihak berwajib. KAI Commuter juga siap memberikan dukungan untuk melindungi dan mendampingi korban dalam melanjutkan proses hukumnya.
“Diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi dan usaha yang dilakukan KAI Commuter ini, dapat mencegah kejadian tindak kriminal dan tindak asusila di dalam Commuter Line maupun di area stasiun,” tutup Purba. (*una)
Facebook Comments Box

Penulis : Una

Editor : Hayer Rahman

Berita Terkait

Program Bangga Kencana Bukan Pemerintah Membatasi Hak Warga Untuk Memiliki Anak
PPP dan PSI Gagal Lolos Parliamentary Threshold
Provinsi NTT Wilayah Kunjungan Gibran Akhir Pekan ini
Kemenkumham Kembali Raih Penghargaan Dari Ombudsman RI
Debat Perdana Capres-Wacapres, KPU : Wacapres Tidak Dampingi Capres di Panggung Debat
Polisi Terjunkan Ribuan Aparat Untuk Pengamanan Debat Perdana Capres – Wacapres di KPU
Presiden Jokowi Sebut Melki Laka Lena Ikut Perjuangkan RSUP dr. Ben Mboi 
Kemenkumham Raih Penghargaan ITKP Terbaik I 
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 20:35

Pimpinan dan Anggota Beserta Seluruh Staf DPRD Kota Kupang Mangucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah

Jumat, 5 April 2024 - 20:53

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Lapas Perempuan Kupang Tingkatkan Pengawasan

Jumat, 5 April 2024 - 17:13

Pawai Kupang Bertakbir akan Dilaksanakan Selasa 9 April 2024

Kamis, 4 April 2024 - 21:50

Pemprov NTT dan BKKBN Bangun Komitmen Bersama Untuk Kurangi Stunting di NTT

Kamis, 4 April 2024 - 20:34

Program Bangga Kencana Bukan Pemerintah Membatasi Hak Warga Untuk Memiliki Anak

Kamis, 4 April 2024 - 16:59

Plt Kenkamenag Alor Buka Musyawarah Guru Mata Pelajaran

Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:33

2 April 2024 Besok Arus Lalu Lintas di Jembatan Ditutup Sementara, Ini Alasannya

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:34

Pria Paruh Baya Warga Mebba Sabu Barat Ditemukan Tewas Gantung Diri

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi