Jelang Sidang Tuntutan, Keluarga Minta Terdakwa Teny Konay Cs Dihukum Berat

- Reporter

Rabu, 13 Maret 2024 - 18:53

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kuasa Hukum Keluarga Roy Bolle, Paul Hariwijaya Bethan Yang Didampingi Oleh Kuasa Hukum Dicky Ndun

Kuasa Hukum Keluarga Roy Bolle, Paul Hariwijaya Bethan Yang Didampingi Oleh Kuasa Hukum Dicky Ndun

ZONALINENEWS.COM, KUPANG – Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kupang besok 14 Maret 2024 akan menggelar sidang kasus pembunuhan terhadap korban almarhum Roy Herman Bolle Amalo dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap terdakwa Marten Soleman Konay atau Teny Konay Cs.

Keluarga Korban Roy Bolle melalui Kuasa Hukum, Paul Hariwijaya Bethan meminta agar JPU dapat memberikan hukuman maksimal atau seberat – beratnya terhadap terdakwa Teny Konay, Donny Leonard Konay, Stevye Konai, Ruben Logo alias Ama Logo, Maryanto Mbura dan Mateos Salam.

“Melihat dari beberapa fakta persidangan yang sudah dilalui, saya berharap para terdakwa bisa dijerat tuntutan yang maksimal supaya ada efek jera,” kata Paul saat didampingi Dicky Ndun kepada wartawan di Kupang, Rabu 13 Maret 2024 sore.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Paul, permintaan ini patut dipertimbangkan JPU tanpa dikesampingkan, sebab berdasarkan fakta persidangan terkait voice note dan komunikasi benar ada.

Bahkan, sudah disampaikan oleh sejumlah saksi yang menjelaskan bahwa benar adanya soal voice note yang dikirimkan dari saudara Teny Konay kepada Ama Logo kemudian diperdengarkan kepada terdakwa Dedy Magang.

“Dalam voice note itu penggalan kalimat berbunyi bahwa siapa saja yang masuk ke lokasi sikat. Keterangan ini disampaikan Dedy Magang yang dibacakan JPU,” ungkap Paul.

Ia mengaku jika melihat fakta tersebut maka ada korelasinya keterangan terdakwa Valen benar ada voice note yang diperdengarkan oleh Ruben Logo terkait isi dari voice note tersebut.

“Saudara Valen katakan benar voice note tersebut tapi sangat disayangkan beberapa waktu lalu mencabut keterangan sebelumnya di BAP,” jelas Paul.

Melihat hal tersebut, Paul pun menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim yang memeriksa perkara untuk dapat dengan bijak dan sudut pandang moral dapat melihat ada seorang saksi yang mencabut keterangannya di ruang sidang.

“Kami berharap majelis hakim harus bisa melihat kejanggalan itu, karena bisa saja akan berpengaruh pada putusan. Namun, kami tetap yakin bahwa majelis hakim punya mekanisme penilaian sehingga bisa melihat fakta-fakta persidangan dapat memutuskan dengan seadil-adilnya,” kata Paul.

Dalam pemeriksaan sidang lanjutan saksi, ahli dan terdakwa, lanjut Paul, terdapat fakta yang tersaji dari beberapa terdakwa. Yang mana, dalam keterangan terdakwa sebelum kejadian sempat berkomunikasi dengan kuasa hukum Fransisco Bernando Bessi.

“Nah ini ada dalam fakta persidangan yang disampaikan oleh para terdakwa dan bisa dikorelasikan dengan video yang beredar. Jadi menurut kami sebenarnya Fransisco Bernando Bessi sudah tahu perkara ini terkait persiapan massa, jumlahnya dan tujuannya apa pasti sudah tahu. Karena keterangan para saksi dan terdakwa benar ada komunikasi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dirinya kembali berharap berdasarkan fakta-fakta yang ada, jaksa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Semaksimal mungkin dan berpegang teguh pada fakta persidangan agar tetap on the track tanpa adanya intervensi pihak lain,” pungkasnya.

Terpisah, Kuasa Hukum Marten Konay Cs Fransisco Bernando Bessi mengatakan terkait dengan sidang tuntutan JPU terhadap keenam sudah dipersiapkan dengan baik.

Menurutnya, setelah tuntutan besok, kami sudah siapkan pembelaan dan tahapan terakhir.

“Kami suda siapkan semua baik pembelaan dan tahapan akhir putusan majelis hakim yang akan menjatuhkan vonis terhadap semua terdakwa dengan peranan masing-masing,” jelas Sisco.

Ia menyebut tuntutan JPU adalah proses dalam hukum acara pidana dan JPU yang di berikan tugas oleh negara terkait hal ini.

“Tentunya berdasarkan Fakta yang terungkap dalam persidangan, sesuai keterangan saksi-Saksi, keterangan ahli dan keterangan saksi mahkota serta keterangan terdakwa. Dimana dari JPU, Majelis Hakim dan pengacara terdakwa semuanya telah menggali fakta-fakta yang terungkap dari persidangan. Apalagi setiap kali sidang semua pihak bisa menonton dan melihat secara terbuka,” pungkasnya. (*y3r)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Target 30-45 Ribu KTP, Djainudin Lonek Yakin Lolos Pintu Independen di Pilkada Kota Kupang
Usai Rakerwil Perdana, Forum Pemuda NTT Rencana Mendirikan Koperasi
Pimpinan dan Anggota Beserta Seluruh Staf DPRD Kota Kupang Mangucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah
Pawai Kupang Bertakbir akan Dilaksanakan Selasa 9 April 2024
2 April 2024 Besok Arus Lalu Lintas di Jembatan Ditutup Sementara, Ini Alasannya
3 Terdakwa Kasus Korupsi Talud di Flotim Divonis 1 Tahun Penjara
Massa Aksi Duduki Kantor Pengadilan Negeri Kupang
PAM Pilkada 2024, Kodim 1604 Kupang Terjunkan Sebanyak 200 Personil
Berita ini 95 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 10:02

Ketua Sinode GMIT Sebut Jika PAN Berpihak pada Kaum Lemah pasti Kami Jadi Sahabat

Kamis, 4 April 2024 - 19:22

Mengenal Wasiat Wajibah dalam Pasal 209 KHI dan Putusan MA No. 51 K/AG 1999

Senin, 1 April 2024 - 14:13

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Paskah 2024

Senin, 1 April 2024 - 14:06

Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Kupang beserta Seluruh Staf Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1445 Hijrah

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:57

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Kupang Tahun Akademik 2024-2025

Sabtu, 2 Maret 2024 - 10:03

Ikatan Kaum Intelektual Fatule,u Menggelar Ibadat Pendalaman Alkitab di Asrama Marungga

Minggu, 25 Februari 2024 - 15:16

PENERAPAN DIVERSI DALAM PENYELESAIAN ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM.

Senin, 19 Februari 2024 - 22:01

Dede Kusdinar Caleg Gerindra Sementara Raih Suara Terbanyak di Dapil Jabar 14

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi