Home / Tak Berkategori

Ditetapkan TSK Bupati Sumba Barat Masih Bebas Berkeliaran

- Reporter

Senin, 23 Juni 2014 - 13:17

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H,  saat berdialog dengan  Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat di ruang rapat Kejati NTT

Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H, saat berdialog dengan Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat di ruang rapat Kejati NTT

Zonalinenews-Kupang,- 15 Pemuda yang mengatasnamakan Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat Senin pukul 12.30 wita mendatangi Kejaksaan Tinggi Kupang mempertanyakan Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H tentang stutus tersangka yang diemban Bupati sumba Barat Jubilate Pieter Pandango telah ditetapkan sebagai tersangka,  namum sampai saat ini yang bersangkutan masih menjalanjakan tugasnya sebagai Bupati Bupati Sumba Barat dan belum Ditahan oleh Kejari Waikabubak. Demikian diungkapkan Koordinatr Umum Kapak Sumba Barat, Titus T Mollu di ruang rapat Kepala Kejaksaan Tinggi Kupang Senin 23 Juni 2014 pukul 13.00 wita.

Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H,  saat berdialog dengan  Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat di ruang rapat Kejati NTT
Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H, saat berdialog dengan Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat di ruang rapat Kejati NTT

Menurutnya, Jubilate Pieter Pandango telah ditetapkan sebagai tersangka namun yang bersangkutan masih bebas berkeliaran belum ditahan kejaksaan Negeri Waikabubak. Padahal sesuai fakta persidangan terungkap  jelas intervensi dari Bupati Pandango agar memenangkan perusahaan milik Fandy Tjiang, yang juga sudah menjadi tersangka dalam kasus pengadaan pengadaan 158 unit sepeda motor tahun anggaran 2011 senilai Rp 3,2 miliar. Tanpa pembahasan lewat DPRD Sumba Barat.

“saya mencuriga ada dikriminasi , masa Kasus Daniel Adoe setelah ditetapkan tersangka langsung ditahan kok ini beda, Bupati masih bebas berkeliaran, bahkan saat ini masih menjabat sebagai Bupati dan masih menjalankan roda pemrintahan,  Aneh sekali,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara itu Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H,  mendapatkan pertayaan tersebut menjelaskan, Status Bupati Sumba Barat sampai saat ini masih tetap sebagai tersangka. Sesuai aturan saat ini pihaknya telah berkoordnasi dengan Meteri dalam Negeri dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia  memhon ijin untuk penahan karena yang bersangkut merupakan pejabat negara, surat telah disiapkan kepada Kejari Agung RI, setelah surat sampai ke tangan kami baru melakukan penahan .

“ Ade-ade ini kasus beda yang bersangkutan masih aktif sebagai Bupati sehingga prosesnya memakan waktu berhari-hari , ijin mendagri, Ijin Kejaugn RI. Namun yang pasti beliau telah ditetapkan sebagai tersangka . Saya sendiri  yang menyampaikan  hasil ekspos Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) beberapa waktu lalu di Jakarta menyepakati kasu Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango, “tegasnya.

Lebih Kanjut dikatanya, Contoh kasus Daniel Adoe sangat beda ketika ditetapkan sebagai tersangka yang bersangkutan sudah tidah menjabat lagi sebagai walikota Kupang, sehingga prosesnya adminsrasinya sangat mudah dan cepat. “ inikan Pieter Pandango masih aktif menjabat Bupati,”teganya.

Mangihut menjelaskan,  kalau kasus Korupsi senilai 400 juta kebawah merupakan kewengan Kejaksaan Negeri Waikabubak, namun Kejati NTT juga mempunyai kewenangan untuk mengambil  alih masalah tersebut bila, menganggap Kejari Waikabubak tidak mampu menyelesaiakan masalah tersebut .

“Beberapa hari lalu saya sudahmenuju Sumba Barat Daya dan memastikan masalah tersebut dan benar  Bupati telah ditetapkan tersangka. “semua berkas masih dalam proses adminsitrasi dan berkoordinasi dengan Pusat,” Jelasnya.

Lebih lanjur diuraikan Mangihut, untuk memeriksa Bupati JP Pandango sebagai tersangka harus mendapat izin dari presiden melalui mendagri. Bila dalam waktu 30 hari tidak ada izin, lanjutnya,   bisa dilakukan pemeriksaan terhadap JP Pandango.

“Sedangkan untuk penanganannya, tetap ditangani Kejari Waikabubak. Pasalnya penanganan kasus itu sejak awal ditangani Kejari Waikabubak,” Jelasnya.

Karena hanya diberi waktu 10 menit untuk berdiskusi, oleh  Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Mangihut Sinaga, S.H  akhinrya kelompok pemuda ini tidak bisa berduksi lama. Mangihut  harus mengikuti rapat  Akhirnya dirinya membatasi waktu berdialog dengan pemuda Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba Barat . lalu pergi meningalkan rombongan tersebut dari ruang rapat.(*rusdy)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Momen Petugas Medis IGD RSUD Menia Sabu Raijua Kelelahan Saat Kerja Viral di Media Sosial
Hari Ini, Sebanyak 428 Siswa di Kota Kupang Ikut UN Paket C
Jonas Salean : Golkar – Hanura Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang
44 WNA Bangladesh dan Myanmar Yang Terdampar di Rote Ndao Dievakuasi ke Rudenim Kupang
Pemprov NTT Serahkan SK Gubernur NTT kepada 1.443 Pegawai PPPK Guru Tahun 2024
Jumat Curhat Bersama Warga, Narkoba dan Tawuran Jadi Perhatian Kapolres Metro Jakarta Pusat
Cegah Paham Radikal dan Terorisme, BNPT – FKPT NTT Gelar Kegiatan Camping Keberagaman
Dapat Dukungan PDI Perjuangan dan PAN, Lusia Adinda Terus Bangun Komunikasi Dengan Parpor Lain
Polda Metro Jaya Gagalkan Transaksi Narkoba di Tangsel, Polisi Sita 45 Kg Sabu
Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Resmi Kantongi SK dari PAN
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:48

Jonas Salean : Golkar – Hanura Sepakat Bangun Koalisi di Pilkada Kota Kupang

Kamis, 4 Juli 2024 - 18:14

Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Resmi Kantongi SK dari PAN

Minggu, 30 Juni 2024 - 01:05

Lusia Adinda Lebu Raya Temui Tokoh Umat di Kelurahan Kolhua

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:24

Pilkada Kota Kupang, Yeskiel Loudoe : PDI Perjuangan Siap Menangkan Jeriko dan Lusia Adinda

Sabtu, 22 Juni 2024 - 22:00

Bangun SDM dari Keluarga, Robert Fanggidae : Merancang Karakter Pemimpin Yang Jujur dan Anti Korupsi

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:28

Kunjungi Kerabat di Kelurahan Penfui, Lusia Adinda Lebu Raya Serap Aspirasi Warga

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:43

Idul Adha 1445 Hijriah, PW Persatuan Islam (PZU) NTT Sembelih 1 Ekor Sapi Kurban Mudhohi

Selasa, 18 Juni 2024 - 19:30

Majid Al – Alak Kota Kupang Sembelih 18 Ekor Sapi dan 13 Ekor Kambing Kurban

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi