Dimanakah 498 liter BBM yang Dihemat PT PLN Wilayah NTT ?

- Reporter

Rabu, 19 November 2014 - 06:13

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Media Group : Zonalinenews,Erende Pos –Kupang,- Akhir-akhir ini keluhan masyarakat NTT, khsusnya Kota Kupang, terkait pelayanan PT PLN Wilayah NTT semakin tak terbendung. Betapa tidak, hampir setiap hari PLN akan memadamkan listrik berjam-jam.

Pln Listrik Pdam oke

 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Alasan klasik yang sering diutarakan pihak PLN adalah meningkatnya kebutuhan pasokan listrik yang tidak sesuai dengan pembangkit listrik yang tersedia, terjadi kerusakan perangkat atau sedang perawatan jaringan, dan kurangnya pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk mengoperasikan mesin pembangkit listrik.

Padahal PT PLN merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercayakan pemerintah untuk menyediakan kebutuhan listrik kepada masyarakat. Oleh karenanya, PT PLN harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Jika dibandingkan dengan BUMN lainnya. Pertamina misalnya, harus menghadapi perusahaan asing seprti Petronas dari Malaysia. Di bidang komunikasi dan informasi, PT Telkom, PT Pos Indonesia bersaing dengan perusahaan swasta dalam negeri dan luar negeri.  Dan, msih banyak lagi BUMN lainnya yang kesulitan menghadapi persaingan dan masalah. Namun, BUMN-BUMN tersebut masih memberikan pelayanan terbaik, dan tidak memberi kerugian bagi masyarakat.

Kendati demikian, masyarakat tetap menggantungkan harapan pada PT PLN. Pasalnya, PT PLN adalah satu-satunya BUMN yang menyediakan energy listrik. Sehingga, bagaimanapun masyarakat tetap membayar tiap bulan guna mendapatkan energy listrik setiap hari.

Bila masyarakat terus membayar tarif listrik setiap hari. Maka,otomatis PT PLN patut memberikan pelayanan yang baik. Namun, hal itu rupanya tidak. Pada tataran ini, PT PLN wajib digugat.

Terkait dengan pasokan BBM. Maka, diperkirakan PLN menghabiskan 1000 liter BBM per hari untuk mengoperasikan mesin pembangkit listrik. Seperti yang diketahui 1 liter BBM seharga Rp 4.500. (sebelum kenaikan BBM). Maka, sehari  PLN menghabiskan Rp 4. 500.000 uang rakyat untuk memasok BBM. Dengan rincian per jam, PLN menghabiskan 41 liter BBM Dan, sesuai dengan pantauan wartawan, pemadaman setiap hari berlangsung selama 6 jam dengan alasan melakukan penghematan listrik. Maka dipastikan, PLN menghemat 250 liter per 6 jam. Bila PLN memadamkan listrik empat kali dalam sebulan, maka PLN menghemat Rp 4.428.000. Atau 498 liter BBM per bulan. Bia dikonversikan selama setahun, maka PLN telah menghemat 5. 976 liter BBM atau setara dengan Rp 26.892.000.

Rakyat patut bertanya, dimanakah  5. 976 liter itu? Dan, dimanakan uang rakyat Rp 4.428.000 Per Bulan atau Rp 26.892.000 setahun itu? Rakyat patut menduga, jangan-jangan PLN telah melakukan penjualan BBM kepada pihak lain. Apalagi dijual dengan harga dibawah standar. Pasti banyak pihak sudah membeli BBM yang seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat itu. Sudah saatnya rakyat menggugat PLN. Bila tidak, maka kejadian ini akan terus berulang tahun. (*refaelmolina)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Dukung UMKM Kaum Muda di Kota Kupang, Standard Chartered dan Plan Indonesia Gelar Business Meet Up Event
Pengembangan Jaringan Indosat di NTT Mengalami Peningkatan 3,7 Kali Lipat
Sebanyak 200 Warga Kurang Mampu di Kabupaten Flotim Dapat Bantuan Listrik Gratis Dari PLN NTT
KAI Commuter Terus Lakukan Inovasi Sistem Keamanan Bagi Penumpang
Melianus Atakay SST, MT Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah
Polres Alor tetapkan SS sebagai Tersangka Kasus Penganiayaan Ketua DPRD Kabupaten Alor
Dilaporkan Dugaan Tindak Pidana Pencurian, Sekwan Alor Klarifikasi Pengambilan Mobil Dinas Sesuai Aturan
Ojol Kajek Hadir di Kota Kupang, Tarif Terjangkau dan Murah
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terbaru

Kupang

DPW MOI NTT Gandeng IKIF Gelar Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 20 Feb 2024 - 21:55

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi