Cegah Omicron, Kanwil Kemenkumham NTT Gelar Vaksinasi Bagi Warga Binaan

- Reporter

Sabtu, 5 Februari 2022 - 18:18

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk mencegah varian Virus Covid – 19 Omicron Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Provinsi NTT menggelar vaksinasi massal bagi Warga Binaan Permasarakatan (WBP) di Lapas Kelas II A Kupang, Sabtu 5 Februari 2022.

Hadir pada kegiatan bakti sosial tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTT Marciana Dominika Jone, Kapusdokkes Polri, Irjen Dr.dr. Rusdianto, M.M.,M.Si, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN Pusat, Wahida Paheng, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, Kabiddokes Polda NTT, Kombes Pol. dr. Sudaryono, MM, Korem 161 Mayor Inf. Sandiman, Kepala RS Wirasakti Kupang, Letkol Coreb Kesehatan Dini Hendriyanto, SP.Pd., dan Kepala RS Bhayangkara, Kompol dr. Hery Purwanto, M.Si, Med,SP.B.

Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone dalam sambutannya dia mengatakan, kegiatan bakti sosial ini digelar secara serentak di 30 Provinsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut dia, suksesnya kegiatan tersebut berkat dukungan dan kerja sama antar Kemenkumham dengan FK KMK UGM, Asosiasi RS TNI-Polri BKKBN, YHKI, Koseindo dan komponen masyarakat lain.

“Bakti sosial yang diisi dengan vaksinasi Covid-19, penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal ini bagi WBP pada 47 Lapas di provinsi NTT khususnya,” kata Marciana.

Selain itu dia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mau berkolaborasi pada kegiatan bakti sosial ini.

“Saya sangat berterima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada FK KMK UGM, Pusdokkes Polri, Biddokkes Polda NTT, BKKBN Pusat, BKKBN NTT, RS Wirasakti Kupang, dan RS Bhayangkara yang menyelenggarakan bakti sosial di Lapas Kupang,” ungkap Marciana.

Dia menjelaskan, sesuai undang – undang No.39 Tahun 1999 tentang HAM telah mengamanatkan bahwa pemerintah wajib dan bertanggung jawab menghormati, melindungi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia. Salah satunya, memastikan hak-hak dasar masyarakat yang di dalamnya termasuk kesehatan dapat terpenuhi dengan baik.

“Hal ini sejalan dengan tujuan kegiatan bakti sosial untuk bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya WBP. Program ini luar biasa,” ujar Marciana.

Dia mengaku siap menindaklanjuti kerjasama dengan melakukan kegiatan serupa menyasar WBP pada Lapas – Lapas yang ada di luar Kota Kupang.

Sementara itu, salah seorang WBP, Moses mendapatkan vaksinasi Covid-19 dalam kegiatan bakti sosial di Lapas Kupang.

“Saya sangat berterima kasih atas penyelenggaraan bakti sosial. Semoga kegiatan ini terus berlangsung karena sangat membantu kami sebagai warga binaan di Lapas Kupang,” ucapnya.

Sementara itu, Kapusdokkes Polri, Irjen Dr.dr. Rusdianto, M.M.,M.Si. dalam sambutannya juga mengatakan, pihaknya sangat bahagia bisa hadir di Kota Kupang dalam rangka meninjau pelaksanaan bakti sosial dalam bidang kesehatan.

“Mulai dari tingkat pusat, ada elaborasi antara Kemenkumham dengan BKKBN, TNI-Polri, Koseindo dan yang lainnya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia,” katanya.

Menurut Rusdianto, saat ini kegiatan bakti sosial difokuskan pada WBP di Lapas serta ikut berpartisipasi dalam rangka menekan penyebaran pandemi Covid-19. Oleh karena itu, bakti sosial salah satunya diisi dengan vaksinasi Covid -19 untuk melindungi para WBP dari paparan virus. Disamping pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan guna memberikan pengetahuan dan wawasan bagi WBP agar menerapkan pola hidup sehat.

“Kami berterima kasih kegiatan ini terlaksana dengan baik di Kupang walaupun cuaca hujan. Kami harapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk tahun – tahun kedepannya,” ujarnya.

Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN Pusat, Wahida Paheng juga menambahkan, inisiasi awal kegiatan bakti sosial datang dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Kedokteran (Kagama Dok) yang saat ini kebetulan bertugas sebagai TNI-Polri bahkan Kepala BKKBN. Dari sinilah koordinasi dilakukan untuk bekerjasama menyelenggarakan bakti sosial serentak di 30 provinsi. Bakti sosial yang meraih rekor MURI ini tidak hanya akan berhenti sampai disini, namun menjadi suatu kegiatan rutin kedepannya.

“Di Jakarta telah ditandatangani perjanjian kerjasama semua pihak dan selanjutnya perjanjian kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh perwakilan lembaga di masing-masing provinsi,” ujarnya.

Wahida menambahkan, bakti sosial yang menyasar masyarakat secara umum sebetulnya telah sering dilakukan. Namun, WBP kini menjadi fokus bakti sosial karena kompleksnya situasi di dalam Lapas. WBP diperhatikan kesehatannya dari segala aspek, baik fisik maupun psikologi.

Itu sebabnya, mereka juga diberikan penyuluhan tentang ketahanan keluarga, pencegahan HIV/AIDS, hingga keluarga berencana. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi WBP, khususnya dalam menumbuhkan kepercayaan diri mereka setelah nanti kembali ke masyarakat.

“Bahwa perbuatan mereka yang kemarin menjadi pembelajaran dan kedepannya menjadi semangat baru untuk mereka melanjutkan hidup supaya tidak terjadi lagi hal-hal sebelumnya,” tutup Wanita. (*hayer)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Pleno Rekapitulasi Terbuka di Kecamatan Wewaria Ricuh
Tak Terpilih Maksimal, Inche Sayuna Tetap Layani Masyarakat Linamnutu
Melihat Kondisi Situs Sejarah Bungker Perang Dunia II di Bukit Cinta Penfui
Ketua DPD PKS Alor Klarifikasi Isu Caleg DPRD Partainya Terlibat Politik Uang di Kabola
DPW MOI NTT Gandeng IKIF Gelar Pelatihan Jurnalistik
Begini Kata Warga Saat Disambangi Babinsa Serka Charlens Mali
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Bersinergi Komsos Dengan Warga
Keluarga Almarhum Roy Bolle Minta Ketua PN Kupang Ganti Majelis Hakim Ketua Florence Katerina
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 19 Februari 2024 - 21:49

Pj. Bupati Garut Lanching 4 Proyek Infrastrukturnya Jalan

Jumat, 16 Februari 2024 - 18:12

Kantor Lurah Airnona Disegel Warga

Senin, 12 Februari 2024 - 14:46

Melpi Marpaung Tegaskan Selama Masa Tenang, Tidak Diperkenankan Kampanye Termaksud di Medsos

Minggu, 11 Februari 2024 - 07:56

Warga Bello Galakkan Tanam Pinang dan Sirih di Halaman Rumah

Sabtu, 10 Februari 2024 - 13:40

Pengawas TPS lagi Asik Duduk Lesehan Saat Sambutan Ketua Bawaslu NTT

Jumat, 2 Februari 2024 - 19:55

Partai Gerindra Gelar Baksos Pemeriksaan Kesehatan di RT 8 Kelurahan Maulafa

Selasa, 23 Januari 2024 - 17:41

Berkas P21, Teny Konay Langsung Ditahan di Rutan Kelas IIB Kupang

Jumat, 12 Januari 2024 - 21:36

Mahasiswa Malaka Sumbang Masker Medis, Forum Pemuda NTT Siap Distribusi Untuk Warga Terdampak Erupsi Lewotobi

Berita Terbaru

Nusa Tenggara Timur

Tak Terpilih Maksimal, Inche Sayuna Tetap Layani Masyarakat Linamnutu

Jumat, 23 Feb 2024 - 07:08

Kupang

DPW MOI NTT Gandeng IKIF Gelar Pelatihan Jurnalistik

Selasa, 20 Feb 2024 - 21:55

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi