Bupati Kupang : Pembangunan 2.100 Unit Rumah Bagi Pejuang Tim-Tim Bentuk Kepedulian Presiden Jokowi Kepada Masyarakat

- Reporter

Rabu, 17 Mei 2023 - 20:02

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto Humas Pemkab Kupang : Bupati Kupang, Korinus Masneno Pimpin Langsung Rapat Koordinasi Redistribusi Tanah Kks Hgu untuk Pemukiman Rumah Pejuang Tm-Tim, senin 14 Mei 2023.

Foto Humas Pemkab Kupang : Bupati Kupang, Korinus Masneno Pimpin Langsung Rapat Koordinasi Redistribusi Tanah Kks Hgu untuk Pemukiman Rumah Pejuang Tm-Tim, senin 14 Mei 2023.

ZONALINENEWS.COM, OELAMASI – Bupati Kupang, Korinus Masneno memimpin langsung rapat koordinasi redistribusi tanah eks Hgu untuk pemukiman rumah pejuang Tm-tim, senin 14 Mei 2023.
Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan 2100 rumah, merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah dalam hal ini Presiden RI bapak Joko Widodo guna membantu masyarakat Kabupaten Kupang.
Masneno berharap agar rumah-rumah ini dapat disertifikasi dan pemberian sertifikat sesuai dengan “by name by address”. Pola yang dilakukan dapat diberikan saat selesai dibangun rumahnya ataupun berproses pembangunan sekaligus pembuatan sertifikat. Sekarang yang dilihat permasalahan, penataan rumah sudah di kapling agar bisa ditetapkan titik koordinat masing-masing rumah.
“Kita khawatir, pemetaan jalan belum selesai, kita salah mengatur nanti titik koordinat kapling itu salah. Kita minta informasi dari pihak ketiga dan pertanahan, progressnya sudah sampai dimana,” ungkap Masneno.
“Tahun kemarin sudah mulai membangun, pemetaan juga sudah dilakukan. Rencana bulan Agustus, sudah bisa berjalan. Jangan tunggu injury time agar bisa diselesaikan sertifikat tersebut,” katanya.
Dirinya berharap pertemuan ini menjadi titik awal kita memulai. Secara teknis, langsung sekarang saja dimulai. BPN kab. Kupang juga sudah mengetahui yang dibahas dari awal bersama PUPR. Kiranya pada bulan Agustus mendatang, bisa terselesaikan dan bersertifikat.
“Saya yakin, akan segera terselesaikan jika bekerja secara kolaboratif. Jika sudah ada kaplingnya, bisa di nomorkan, agar di undi. Niat baik dari Kakanwil BPN NTT ini agar kita bekerja demi niat baik untuk  kebangsaan”, tutup Bupati Kupang.
Kepala Kanwil BPN NTT Drs. Hiskia Simarmata,M.Si, M. Kn, mengingatkan  “jangan lelah menjadi orang baik. Jangan ada pungli seperti yang telah ditegaskan oleh Presiden RI dan Menteri Pertanahan. Kita harus murni membantu orang. Mungkin, ada bantuan Bupati sebagai ketua PKN yang diusulkan kepada pihak kami agar 2100 rumah ini benar-benar diberikan bukan hanya sekedar rumah namun juga sertifikat yang juga merupakan hak terkuat dari gak milik yang tidak boleh dialihkan kepada siapapun kecuali kepada ahli waris diatas 15 tahun”, ujarnya.
Hal ini dimaksudkan Hiskia agar rumah tersebut tidak dijual lagi saat diberikan. Sudah dialokasikan di APBN khusus redistribusi tanah dan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI atau Menteri. Dirinya meminta agar pihak Pemkab membuat data nominatif sekaligus yang sudah di undi agar saat rumah selesai dibangun, tidak di undi lagi. “Kita upayakan kumpulkan masyarakat untuk di undi agar masyarakat lokal bisa berbaur dengan masyarakat tim-tim”.
Lebih lanjut, Kepala BPN kab. Kupang Bernadus Poy, S.Sit, MH, mengatakan pendistribusian tanah bagi masyarakat dari subjek dan objek. Namun jika membahas soal perumahan ini, ada dua distribusi yang terjadi disini. “Ini kita mix kegiatan, rakor dan pembentukan panitia landreform-nya. Distribusi ini melewati 8 tahapan dimana dua eksekusi ini berprogres bersamaan. Dari tahapan itu, ada beberapa tahapan yang perlu di highlight dalam rangka membangun komitmen untuk bisa berprogress bersama dengan tahapan redistribusi tanah yakni, penyuluhan, inventarisasi dan identifikasi subjek dan objek, serta desain penetapan objek”, jelas Bernadus Poy.
Turut hadir, Staf Ahli Bupati Kupang Paulus Ati, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT Normansjah Wartabone, para pimpinan OPD terkait, perwakilan PT. Nindya Karya, perwakilan PT. Adhi Karya (Persero), perwakilan PT. Brantas Abipraya. (“hayer)
Facebook Comments Box

Penulis : Hayer

Editor : Hayer Rahman

Sumber Berita : Humas Pemda Kabupaten Kupang

Berita Terkait

Terduga Pembunuh Nahor Olin di Desa Bokong Resmi Ditahan Polisi
ST Warga Desa Bokong Tebas Temannya Hingga Tewas
Jelang Pemilu 2024 Kapolres Kupang Keluarkan Himbauan Kamtibmas
Pelaku Penikam Yance Manafe di Desa Poto Menyerahkan Diri
Cegah Terjadi Longsor, Pemuda-Pemudi Bayonet’z Tanam 500 Anakan Pohon di Ikan Foti
Mengenal Batalyon Arhanud 9 /AWJ Camplong Kupang
Penyidik Polres Kupang Terima Hasil Perhitungan Kerugian dari Ahli Soal Proyek GOR Komitmen
Merasa Ditipu, Warga di Perumahan Tabun Permai Ancam Lapor Developer ke Polisi
Berita ini 22 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 April 2024 - 20:35

Pimpinan dan Anggota Beserta Seluruh Staf DPRD Kota Kupang Mangucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrah

Jumat, 5 April 2024 - 20:53

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Lapas Perempuan Kupang Tingkatkan Pengawasan

Jumat, 5 April 2024 - 17:13

Pawai Kupang Bertakbir akan Dilaksanakan Selasa 9 April 2024

Kamis, 4 April 2024 - 21:50

Pemprov NTT dan BKKBN Bangun Komitmen Bersama Untuk Kurangi Stunting di NTT

Kamis, 4 April 2024 - 20:34

Program Bangga Kencana Bukan Pemerintah Membatasi Hak Warga Untuk Memiliki Anak

Kamis, 4 April 2024 - 16:59

Plt Kenkamenag Alor Buka Musyawarah Guru Mata Pelajaran

Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:33

2 April 2024 Besok Arus Lalu Lintas di Jembatan Ditutup Sementara, Ini Alasannya

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:34

Pria Paruh Baya Warga Mebba Sabu Barat Ditemukan Tewas Gantung Diri

Berita Terbaru

Slot Gacor Gampang Menang Dengan RTP Live Tertinggi