oleh

Penyakit Kusta Mulai Tersebar di Sabu Raijua

ZONALINENEWS.COM, MENIA – Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit langka yang tidak bisa diabaikan sebab selain menular juga misa merenggut nyawa.

Kabupaten Sabu Rqaijua yang selama ini belum pernah mencatat kasus penyakit kusta kini mulai terjangkit dan data yang didapat media ini meskipun bukan data resmi dari dinas kesehatan, tercatat ada 8 orang yang diduga menderita penyakit kusta masing-masing di desa menia dan desa delo.

Sesuai hasil yang dihimpun media ini sebanyak 6 kasus di desa menia dan 2 kasus di desa delo namun dari jumlah tersebut 2 kasus sembuh dan 1 kasus meninggal dunia sedangkan sisanya masih dalam perawatan.

Sementara itu terkait perkembangan kasus penyakit kusta di Sabi Raijua wakil Bupati katakan hal itu akan menjadi prioritas sehingga pihaknya akan mengecek ke dinas kesehatan serta masing-masing kepala puskesmas terkait data sebaran kasus penyakit kusta dan berjanji akan dibuatkan agenda khusus untuk membuat kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat sabu raijua terkait pencegahan penularan penyakit langka tersebut.

“Nanti saya akan cek di dinkes dan kapus sudah ada berapa pasien yg ada disabu dan Kita akan sisihkan agenda untuk sosialisasikan ketika ada kegiatan atau pertemuan dengan masyarakat” Ujar Wakil Bupati.

Selain itu wakil bupati juga katakan sudah meminta kepala dinas kesehatan Thobias Mezak untuk mengadakan obat kusta sehingga penderita telah bisa membawa obat di setiap puskesmas yang ada di sabu raijua karena obat tersebut wajib di programkan pemerintah.

“Om Dedy saya sudah minta kadis kesehatan adakan obat kusta di sabu raijua dan kita sudah ada obat itu” Lanjutnya
Sementara kepala dinas kesehatan kabupaten sabu raijua Thobias Mezak saat dimintai tanggapannya mengundang media ini besok (Selasa 24/01/2023) ke kantornya agar dapat ia berikan keterangan lengkap terkait kasus penyakit kusta di wilayah kabupaten Sabu Raijua.

Untuk di ketahui, penyakit kustaDapat ditangani oleh tenaga medis profesional, Menular melalui percikan di udara, Membutuhkan diagnosis medis serta sering kali memerlukan uji atau pencitraan laboratorium dan dapat bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup jika tidak diobati. (*Dedy)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed