oleh

Bawaslu Kota Kupang Gelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kepada Stakeholder

Zonalinenews-Kupang, – Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Kupang , Selasa 15 November 2022 pukul 08.30 wita menggelar Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kepada Stakeholder bertempat di Hotel Kristal Kupang.

Dalam sambutannya Staf Bawaslu Kota Kupang Alfons Lena Heo menjelaskan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan pengawasan tahapan Pemilu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan demokrasi yang bersih, serta penerapan prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan Pemilu yang tidak hanya bertopang pada kepatuhan prosedur semata tetapi juga pada nilai-nilai substantif dari Pemilu itu sendiri.

Lebih Lanjut Alfons merincikan sebagaimana amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 tugas Bawaslu adalah mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024, mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga tahap pemungutan dan penghitungan suara yang rentan terjadi pelanggaran, dalam hal ini Bawaslu Kota Kupang memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan proses demokrasi yang secara keserentakan diatur dalam ketentuan Perundang-Undangan, sehingga pesta demokrasi mendatang akan berlangsung secara maksimal.

Menurut Alfons dalam pengawasan Bawaslu Kota Kupang mengajak dan mengikutsertakan berbagai pihak sebagai usaha membangun sinergitas antar instansi untuk menyukseskan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang, hal ini merupakan sebuah langkah untuk bersama-sama stakeholder melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu 2024.

Dikatakan Alfons partisipasi masyarakat dan penyelenggara negara atau pemerintahan serta stakeholder bisa berperan aktif dalam menjaga pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan damai, karena itu seluruh masyarakat berhak dan bertanggung jawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggaranya pemilu serentak 2024.

Alfons menambahkan kelompok masyarakat dapat memberikan pendidikan mengenai pentingnya proses demokrasi kepada setiap masyarakat pemilih. Keikutsertaan seluruh stekholder dalam mengawal proses demokrasi dapat mendukung terbangunnya pemahaman dan pengawasan Pemilu oleh semua pihak, hal ini juga dimaksudkan melakukan pencegahan dan penindakan ketika adanya pelanggaran Pemilu dan Pemilihan.

Ditegaskan Alfons Bawaslu Kota Kupang berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dan seluruh stakeholder dalam pengawasan partisipatif terkait dengan proses pengawasan serta larangan dan sanksi yang diatur dalam pemilu agar masyarakat bisa mengetahui hak dan kewajiban.

Pantaun wartawan kegiatan ini dihadiri oleh para Camat Kota Kupang dan para Kapolsek Polres Kupang Kota, organisasi Mahasiswa dan organisasi masyarakat serta insan Pers. (Tim)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed