oleh

Bawaslu Kota Kupang Gelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipastif

Zonalinenews- Kota Kupang , – Badan Pengawas (Banwas) Pemilu Kota Kupang yang berlangsung di Hotel On The Rock Kupang, Selasa 8 November 2022 menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipastif dengan tema bersama rakyat awasi Pemilu.

Kegiatan ini dihadiri Lembaga Mitra Banwaslu Kota Kupang. bersama Banwaslu tegakan Keadalan Pemilu.

Dalam laporan panitia yang disampiakan Staf Banwaslu, David Robinson Bolle menjelaskan bahwa Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kupang sebagai penyelenggara pemilu memiliki mandat untuk mengawasi proses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

Menurutnya penyelenggaraan pengawasan Pemilu dan Pilkada membutuhkan dukungan banyak pihak. Salah satunya dibangun dengan melibatkan segenap kelompok masyarakat, media, pemerintah, dan akademisi untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan di setiap tahapannya. Sebab, partisipasi politik merupakan wujud kedaulatan rakyat yang sangat penting dalam proses demokrasi.

Dikatakannya Keterlibatan masyarakat dalam pengawalan bukan sekadar terwujud dalam bentuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. Keterlibatan masyarakat harus juga diwujudkan dengan melakukan pengawasan atas kecurangan yang terjadi, serta melaporkannya kepada pengawas sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan Pilkada serta satu-satunya lembaga yang merupakan pintu masuk pertama yang menindaklanjuti dugaan pelanggaran Pemilu dan Pilkada.

Ditambahkan David Pengawasan pemilu menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat pemilih. Dengan secara langsung terlibat dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada, pemilih dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi serta dan secara tidak langsung dapat belajar tentang penyelenggaraan pemilu dan pilkada juga semua proses yang berlangsung.

Ia menjelaskan salah satu misi Bawaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat. Namun, sebelum sampai pada pengawasan pemilu, keterlibatan masyarakat pengawalan demokrasi harus terlebih dahulu melalui proses sosialisasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan Pemilu. Dengan semangat transfer pengetahuan dan keterampilan itu, Bawaslu Kota kupang menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Banwaslu Kota Kupang, Julius Nunleni SH menyampaikan kegiatan ini dengan tujuan untuk menambah pengetahuan bagi lembaga mitra Banwaslu Kota Kupang tentang pengawasan pemilu serta meningkatkan pengetahuan tentang pengawasan bagi masyarakat dan berbagi pengetahuan serta ketrampilan tentang pengawasan partisipatif.

“Kegaiatan inj untuk mendapatkan masukan dalam rangka mewujudkan pengawasan partisipatif pada pemilu dan pilkada serta mendorong masyarakat secara umum, pemerintah, media, dan perguruan tinggi untuk terlibat aktif dalam melakukan pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada mendatang, ” ucap Julius. (*Tim)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed