oleh

3000 Siswa SD di Kota Kupang Belum Bisa Membaca

ZONALINENEWS.COM, KUPANG – Sebanyak 3000-an siswa Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar (SD) di Kota Kupang belum bisa membaca.

“Pandemi Covid – 19 mengakibatkan proses pembelajaran yang berjalan kurang bagus. Ada kurang lebih 3000-an anak kelas 1 dan 2 SD yang belum bisa memca,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Kota Kupang, Dumuliahi Djami dalam sambutannya pada acara Launching Program Lopo Pintar di SD Inpres Penkase – Oeleta, Kecamatan Alak Kota Kupang, Senin 21 November 2022.

Menurut Dumuliahi, program Lopo Pintar merupakan upaya untuk membawa kembali peserta didik menemukan kembali hak-hak untuk mendapat dukungan belajar, yang telah dikorbankan karena adanya pandemi Covid -19.

“Berkat kerja keras dari bapak – ibu kepala sekolah dan guru, kurang lebih 40% sudah mulai jalan dan tersisa 60%. Dengan program Lopo Pintar diharapkan dukungan mahasiswa dari Perguruan Tinggi bisa membantu Pemerintah Kota Kupang untuk menuntaskan persoalan tersebut” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Dasar pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Kupang, Oktovianus Naitboho, dalam laporan panitia menjelaskan, Program Lopo Pintar adalah program kolaboratif gagasan Pemerintah Kota Kupang yang melibatkan sejumlah stakeholder dan juga instansi Pemerintah Kota Kupang untuk membangun kembali serta mendukung pemulihan belajar siswa yang terhambat akibat pandemi Covid-19.

“Tujuan utama dari Lopo Pintar ini untuk mengoptimalkan pembimbingan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar seperti membaca, menulis, dan berhitung disebabkan oleh pandemi Covid-19,” katanya.

Selain menurut Oktovianus, kehadiran program Lopo Pintar juga untuk memudahkan peserta didik mendapatkan layanan pendidikan di luar jam pembelajaran di sekolah secara gratis pada titik domisili peserta didik yang berbasis di kelurahan.

“Program Lopo Pintar, akan dilaksanakan juga bimbingan khusus secara gratis oleh mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Kota Kupang kepada para pelajar setelah selesai proses jam belajar formal di sekolah, yang akan ditempatkan pada titik – titik Lopo Pintar yang tersebar di setiap kelurahan yang ada di Kota Kupang. Ada 815 mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Kupang yang sudah siap mendukung program ini,” jelasnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed