oleh

Bawaslu Flores Timur Lantik 57 Anggota Panwascam Terpilih

ZONALINENEWS.COM, LARANTUKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Flores Timur melantik 57 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 19 Kecamatan di wilayah Kabupaten Flores Timur, pada Kamis 27 Oktober 2022 di Aula Hotel Gelekat Nara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Flores Timur, Arifin Atangae dalam sambutan mewakili dua Komisioner lainnya yakni Dahlya Reda Ola dan Karol Rian Tukan menyampaikan proficiat kepada 57 anggota Panwascam yang telah dilantik.

“Kami menyampaikan proficiat yang setinggi – tingginya kepada seluruh anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Flores Timur yang pada hari ini dilantik menjadi anggota Panwas Kecamatan,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pemilu serentak tahun 2024 kali ini memberikan tantangan yang sangat luar biasa.

“Kalau kita berkaca pada pemilu tahun 2019, maka tantangan ini menjadi lebih berat ketika pemilu akan terjadi pada tahun 2024. Maka sepatutnya bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu,” ujarnya.

“Pengawas pemilu wajib memastikan pada seluruh masyarakat di kecamatan se-Kabupaten Flores Timur tentang hak pilih pemilih, termasuk bagaimana memfasilitasi pemilih agar pengawasan yang berjalan di bumi Flores Timur dapat tercapai sesuai dengan harapan kita,” tambah Arifin.

Dikatakan juga bahwa dalam waktu dekat asa beberapa tahapan proses pengawasan yang akan dilakukan menuju tahapan pelaksaan pemilu tahun 2024.

“Dalam waktu dekat setelah dilantik, teman-teman dihadapkan dengan verifikasi faktual anggota partai politik dan pengawasan penyusunan daftar pemilih tetap, nantinya kita akan selalu mengawasi proses ini dalam pelaksaanan tahapan pemilu tahun 2024. Saya harap Bawaslu akan bisa memanilisir kejadian – kejadian tentang daftar pemilih tetap ini,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Ketua Bawaslu mewakili ke dua Komisioner lainnya agar kepercayaan yang diberikan kepada anggota Panwascam terlantik bisa dilaksanakan dengan baik.

“Mewakili sahabat pimpinan Bawaslu menaruh harapan pada seluruh anggota panwascam, bahwa gunakan kepercayaan yang telah diberikan dengan sama-sama mengawasi pemilu serentak. Tetap rendah hati dalam kepengawasan di kecamatan masing-masing,” tutup Arifin.

Diketahui turut hadir dalam acara pelantikan, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Flores Timur, Abdul Razak Cakra, Komisioner KPUD Divisi Teknis Penyelenggaraan, Gregorius Suleng Sanga dan Kabid Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol, Agustinus Tusi serta tamu undangan lainnya juga anggota Sekretariat Bawaslu Kabupaten Flores Timur.

*Ted

News Feed