oleh

PT. Flobamor Kirim 24 Ton Daging Sapi Beku ke DKI Jakarta

ZONALINENEWS.COM, KUPANG – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), PT. Flobamor dalam sepekan ini berhasil mengirim sebanyak 24 ton daging sapi beku ke DKI Jakarta melalui BUMD Pemuda Dharma Jaya.

“Dalam bulan September 2022 ini kita sudah dua kali mengirim daging sapi beku ke Jakarta. Pengiriman yang pertama pada minggu awal di bulan September sebanyak 12 ton dan pengiriman kedua direncanakan Sabtu besok 24 September 2022,” kata Dirops PT. Flobamor, Abner E. Runpah Ataupah kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat 23 September 2022.

Menurut Runpah, pengiriman daging sapi beku tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah NTT dan Pemerintah DKI Jakarta.

Ia juga mengatakan, kualitas daging sapi beku asal NTT yang dikirim ke DKI Jakarta ini dipastikan tergaja serta sudah bersertifikasi halal dan memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Dan proses pemotongannya sudah sesuai dengan prinsip Aman, Utuh, Sehat dan Halal (ASUH).

“Jadi untuk pengiriman daging ke DKI Jakarta ini kita baru lakukan dua kali. Tapi sebelumnya kita sudah pernah mengirimkan sapi hidup ke DKI Jakarta juga,” ungkap Runpah.

Proses penyembelihan sapi ini, lanjut Runpah dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Noelbaki Kabupaten Kupang.

“Setiap harinya kita sembelih sebanyak kurang lebih 10 ekor sapi,” katanya.

Menurut Runpah juga, usai penyebelihan dan menguliti hewan sapi, akan dilakukan proses pemisahan daging dari tulang oleh pekerja di dalam ruangan khusus yang steril.

“Setelah proses pemisahan daging dari tulang, akan dilanjutkan dengan proses deboning agar mencapai nilai PH daging sapi,” ujarnya.

“Nilai PH daging sapi yang akan dikirim ke DKI Jakarta itu harus mencapai nilai PH daging sapi 5,3 hingga 5,7 agar daging lebih empuk,” jelas Ataupun.

Ia menjelaskan, kerja sama pengiriman daging sapi beku antara Pemerintah NTT dan Pemerintah DKI Jakarta melalui BUMD tersebut seharusnya sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu. Namun, masih terkendala dengan beberapa ijin yang harus dilengkapi.

Runpah menargetkan, setiap bulan PT. Flobamor akan mengirim 4 – 6 kontainer daging sapi beku dan 4 – 6 kontainer produk sampingan seperti tulang, kelapa dan jeroan sapi ke DKI Jakarta.

“Selain itu saat ini kita juga lagi membuka pasar ke Samarinda dan Papua,” tutup Runpah. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed