oleh

Peduli Nasib Para Petani di Manggarai, Ini yang Dilakukan Julie Laiskodat

ZONALINENEWS.COM, MANGGARAI – Anggota DPR RI Komisi IV, Fraksi Nasdem, Julie Sutrisno Laiskodat secara serius memperjuangkan nasib para petani di Kabupaten Manggarai, NTT.

Selain memperjuangkan para petani kopi untuk mendapatkan Sertifikasi Indikasi Geografis (SIG), bunda Julie juga turut serta dalam meningkatkan produktivitas kedelai serta menghadirkan  off taker, sehingga para petani menjual komuditi pertanian secara langsung dengan pihak ketiga.

Kali ini, istri dari orang nomor satu di NTT ini berhasil memperjuangkan 23 unit alat dan mesin pertanian untuk beberapa kelompok tani yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai, Mike Dima menyampaikan apresiasi kepada partai Nasdem dan Julie Laiskodat yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayah itu.

“Begitu banyak bantuan dengan berbagai jenis yang diperjuangakan oleh partai Nasdem dan ibu julie yang tersebar di 12 kecamatan. Terima kasih ibu Julie Sutrisno Laiskodat” ungkap Dima kepada Zonalinenews, Selasa 23 Agustus 2022.

Menurut dia, bantuan ini bersumber dari dana APBN dan pihaknya hanya mefasilitasi untuk melakukan verifikasi dan kelayakan penerima bantuan.

“Bantuan alat dan mesin pertanian ini berjumlah 23 unit dengan rincian, 6 unit traktor roda dua, traktor roda 4 berjumlah 1 unit, hand sprayer 11 unit, sedangkan mesin pompa air sebanyak 5 unit. Sementara, beberapa unit traktor roda 3 dan 4 belum diserhkan ke kelompok tani karena masih menunggu proses penyelesaian administrasi” ujar Dima.

Acara serah terima alat dan mesin pertanian ini dilangsungkan di aula Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai, yang dihadiri oleh ketua kelompok tani dari masing-masing kecamatan dan turut hadir juga perwakilan dari Partai NasDem Kabupaten Manggarai, Egidius Doni bersama Adris Nanggur.

Kepada Zonalinenews, Egidius Doni mengatakan, bantuan alat dan mesin pertanian itu merupakan hasil aspirasi dari partai NasDem Kabupaten Manggarai melalui Julie Sutrisno Laiskodat.

Ia berharap, bantuan itu dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Manggarai.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Julie yang telah memperjuangkan para petani di daerah ini” kata Egidius.

Sementara, Adris Nanggur meminta kepada kelompok tani untuk menggunakan alat dan mesin pertanian itu dengan baik.

“Bantuan ini dalam bentuk kelompok bukan perorangan. Selain untuk meningkatkan hasil pertanian, mesin dan alat pertanian ini bisa mendatangkan uang untuk kas kelompok, sehingga kedepannya kelompok tani di Manggarai bisa mandiri” tukas Ardis.

Terpisah, Ketua Penyuluh dan Pendamping Kelompok Tani Kecamatan Reok, Marsel Nagung mengatakan, kehadiran mesin dan alat pertanian itu sangat membantu petani di daerah itu dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Ia menjelaskan, di tengah minimnya kondisi keuangan daerah saat ini, namun beberapa tahun terakhir begitu banyak bantuan dari pemerintah pusat, yang diperjuangkan oleh Julie Laiskodat.

“Atas nama seluruh kelompok tani  menyampaikan terima kasih kepada  ibu Julie Laiskodat sebagai penyambung lidah rakyat” tutupnya.

*Kons Hona

News Feed