oleh

BDSP SoE Temukan Lokal Pupuk Dasar Pertanian Organik Masa Depan

Zonalinenews-TTS,- Praktek dilahan kering milik BDSP SoE, mahasiswa Mahasiswi tugas akhir Politeknik Pertanian (POLITANI) Kupang bersama BDSP SoE berhasil temukan pupuk dasar organik bagi tanaman holtikultura yang menjanjikan keberhasilan bercocok tanam organik bagi petani dimasa depan.

Didampingi BDSP SoE yang dinakhodai Jhys Baok selaku Ketua, Para mahasiswa mahasiswi praktek yang ditemui Zonalinenews Senin 08 Agustus 2022 mengungkapkan kalau dilahan gersang yang menjadi lokasi praktek di Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan, ternyata tersimpan harapan pertanian holtikultura organik yang menjanjikan bagi petani.

Helena Eka Prasetya, juru bicara mahasiswa praktek mengungkapkan kalau praktek dan penelitian yang mereka lakukan saat ini adalah salah satu prasyarat mutlak untuk maju ke tugas akhir sebagai seorang masiswi POLITANI Kupang Jurusan Tanaman Pangan dan Holtikultura Program Studi Teknologi Industri Holtikultura.

Namun ada hal menarik yang justru menjadi nilai plus pada kelompok praktek nya yang didampingi BDSP SoE dimana mereka mampu berkolaborasi antara mahasiswi praktek dan BDSP guna memacu pertumbuhan tanaman yang ditanam sehingga terciptalah pupuk dasar untuk tanaman yang oleh Jhys Baok ketua BDSP SoE diberi nama Serasa Car.

Tidak mudah memang menghasilkan hasil produksi pertanian hortikultura organik yang maksimal dilahan kritis dengan segala keterbatasan seperti air yang mengandalkan air tanki, namun dengan adanya temuan pupuk dasar Serasa Car yang mampu menyimpan air dan mengurangi penguapan, justru memberikan harapan baru bagi pertanian dilahan kering nantinya.

“Pengalaman yang luar biasa bagi kami mahasiswa mahasiswi praktek dampingan BDSP SoE. Karena bersama kami melakukan praktek sekaligus menganalisa masalah yang ada dan bersama om Jhys Baok kami bisa menghasilkan temuan pupuk dasar serasa car yang nantinya tentu akan sangat membantu masyarakat petani lahan kering dikemudian hari” ungkap Helena.

Hal senada diutarakan mahasiswi lainnya Vensianas Abus, Kalau Pupuk dasar serasa car tidak hanya mampu menyimpan air dan menyuburkan tanaman namun juga pupuk dasar serasa car juga mampu menjaga penyehatan tanah sehingga tanah tidak rusak dan tetap sehat untuk dikelola.

Lanjut Vena sapaan akrab Vensianas Abus, praktek yang dilakukan adalah pola tanam atau bercocok tanam yang ramah lingkungan sehingga aplikasi perlakuan pada tanaman semuanya organik dengan menggunakan pupuk dasar takashi serta Bio 3 dan pestisida nabati JB3 yang semuanya berbahan organik.

Praktek dan penelitian mahasiswa POLITANI Kupang dilokasi Bisnis Development Service Provider (BDSP) SoE ini adalah kerjasama BDSP SoE , Politeknik Pertanian (POLITANI) Kupang dan KEMENDIKBUD RISTEK Republik Indonesia. dalam rangka mendukung kegiatan pertanian organik di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan sebagai ajang pembinaan petani muda milenial. ungkap Jhys Baok

Menurut Jhys Baok, praktek mahasiswa mahasiswi POLITANI Kupang dalam melakukan penelitian bersama BDSP dan POLITANI Kupang ini juga didukung oleh KEMENDIKBUD RISTEK Republik Indonesia.

Jhys Baok juga menjelaskan kalau dari dampingan BDSP SoE untuk mahasiswa mahasiswi POLITANI saat ini dilahan yang tandus justru memacu BDSP SoE untuk bagaimana dapat memberikan bekal yang baik bagi anak anak praktek sehingga dari proses yang ada anak anak menemukan adanya masalah pada pertumbuhan tanaman sehingga bagaimanapun harus dicarikan solusinya.

Sehingga oleh BDSP SoE melakukan uji coba bersama mahasiswa mahasiswi dan berhasil mengatasi permasalahan pada tanaman yang tadi nya merana namun ketika diberi pupuk serasa car ada perubahan dan menghasilkan hasil sesuai yang diharapkan. urai Jhys

Lanjut Jhys, bahwa pupuk dasar serasa car juga memiliki keunggulan lain selain mampu menyimpan air dan menahan penguapan serta mampu menjaga kesehatan tanah, pupuk dasar serasa car sangat baik dimusim hujan dimana saat musim hujan nutrisi tanah mampu dipertahankan untuk tumbuh kembang tanaman. katanya. (*Elli)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed