oleh

Hadiri Kedukaan Secara Ilagal, Dua Orang WNI Dideportasi Imigrasi Timor Leste

ZONALINENEWS.COM, BELU – Dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang masuk ke Negar secara ilegal ke Negara Timor Leste akhirnya dipulangkan kembali oleh pihak Imigrasi Timor Leste Melalui Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPI) PLBN Motaain Kabupaten BELU Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diketahui kedua WNI tersebut adalah Aurelia Dias Ximenes, kelahiran Dili 2 Agustus 1979 yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan Carlito Da Silva Hera 17 Agustus 1989 yang berprofesi sebagai tukang ojek.

Serah terima kedua WNI oleh Petugas Imigrasi Timor Leste kepada Petugas Imigrasi TPI PLBN MotaainMotaain pada, Sabtu 2 Juli 2022 siang, di TPI PLBN Motaain.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua K.A.Halim mengatakan, kedua WNI langsung diterima oleh SPV Imigrasi TPI PLBN Oktorius Kollo dan langsung juga langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak karantina kesehatan.

“Setelah dilakukan wawancara singkat kepada kedua WNI tersebut oleh Petugas kita, yang bersangkutan mengaku dipulangkan oleh pihak Petugas Imigrasi Timor Leste Kerana mereka masuk ke wilayah Timor Leste secara ilegal dan tidak memiliki dokumen perjalanan atau Paspor,” kata Hakim melalui siaran pers pada, Sabtu 2 Juli 2022.

Menurut Hakim, kedua WNI tersebut masuk ke wilayah Timor Leste Melalui jalur tikus.

“Jadi mereka mengaku, mereka masuk ke wilayah Timor Leste melalui jalur tikus di daerah Badumea, Kabupaten Belu pada 16 Juni 2022 kemarin sekira pukul 03.00 pagi dini hari mengunakan tukang ojek,” ungkap dia.

Kedua WNI ini, lanjut Hakim masuk ke wilayah Timor Leste dengan cara ilegal untuk menghindari acara keduakaan.

“Meraka pergi ke Timor Leste untuk menghadiri acara keduakaan orang tua mereka yang meninggal dunia. Nemun ketika mereka hendak pulang kembali ke Indonesia pada 1 Juli 2022 kemari, sekira pukul 11 malam, mereka ditangkap oleh pihak UPF Timor Leste di daerah Tisil 4, Timor Leste,” pungkas dia.

“Setelah dilakukan pemeriksaan keimigrasian, Petugas Imigrasi memperingatkan kepada kedua orang ini untuk tidak mengulangi perbuatan sepupu lagi. Jika ingin melintas ke Timor Leste wajib melintas melalui TPI PLBN Motaain serta harus memiliki paspor,” jelas Hakim.

Hakim menambahkan, kegiatan pemulangan kedua orang WNI tersebut berjalan dengan lancar dan kedua orang tersebut telah dipulangkan kembali kerumahnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed