oleh

Kedubes Jepang Untuk Indonesia Hibah Bantuan Alkes di Rumah Sakit Cancar

ZONALINENEWS.COM, MANGGARAI– Kedutaan besar Jepang untuk Indonesia telah menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan di Rumah Sakit Cancar, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan rilis dari Kedubes Jepang untuk Indonesia yang diterima Zonalinenews, Rabu 15 Juni 2022, menjelaskan bahwa acara serah terima “The Project for Provision of Medical Equipment in Manggarai Regency, East Nusa Tenggara” diselenggarakan di Rumah Sakit St. Rafael Cancar, Kamis 9 Juni 2022.

Acara serah terima fasilitas kesehatan ini dihadiri oleh Sekretaris Kedubes Jepang untuk Indonesia, Kato Asami yang didampingi oleh Direktur Rumah Sakit Cancar, dokter Marianus Ronal Susilo.

Sekretaris Kedutaan Jepang untuk Indonesia, Kato Asami menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin selama ini.

Ia menjelaskan, hiba bantuan grass-roots untuk keamanan manusia telah selesai dilaksanakan setelah penandatangan oleh Pemerintah Jepang dengan pihak Rumah Sakit St. Rafael Cancar pada bulan Desember 2020.

“Setiap tahun banyak pasien berpenyakit parah mengunjungi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, tetapi karena kurangnya peralatan medis, sehingga rumah sakit tidak dapat memberikan pelayanan yang memadai” ujar Asami

Sehingga, ia berharap, pelaksanaan proyek ini memberi akses perawatan medis secara tepat dan cepat kepada banyak pasien.

“Bantuan hibah grass-roots untuk keamanan manusia ‘The Project for Provision of Medical Equipmrootsin Manggarai Regency, East Nusa Tenggara’ berupa pengadaan fasilitas kesehatan Patient Monitor, Defibor, ECG, USG, OXgen Concentration, Air Purifier, Syringe Pump, Infusion Pump. Dengan total anggaran 7,190, 700 Yen” terang Asami.

Sementara, Direktur Rumah Sakit St. Rafael Cancar, dr. Ronal Susilo menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang.

Menurut dia, semua fasilitas kesehatan yang dihibakan ke RS. Cancar merupakan produk Jepang dengan  kulitas dan mutu barang terjamin.

” Fasilitas kesehatan produk Jepang mudah digunakan dan sangat membantu tenaga medis dalam melayani pasien” kata Ronal.

Sedangkan, mantan Direktur Rumah Sakit Cancar, Sr. Maria Naki mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang telah menyumbangkan alat kesehatan ke rumah sakit Cancar.

“Kerja sama yang dibangun dengan pemerintah Jepang selama masa kepemimpinan saya sudah terjalin dengan baik, sehingga hal ini perlu dipertahankan. Terima kasih pemerintah Jepang” ucap suster Maria itu.

Kons Hona

News Feed