oleh

Dapur Kelor Sosialisasi Pengolahan Daun Kelor Menggunakan Metode Mesin Pengering di Kodim 1624 Flotim

ZONALINENEWS.COM, LARANTUKA – Kelor atau merunggai adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti: limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree, dan malunggay.

Tanaman ini, banyak terdapat di Nusa Tengggara Timur termasuk Kabupaten Flores Timur.

Secara umum daun kelor mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi masyarakat setempat, merupakan salah satu sayuran wajib.

Menilik manfaat serta potensi kelor yang tumbuh subur di Kabupaten paling timur pulau Flores ini, Tim Dapur Kelor asal Kupang dipimpin Dedi Krisnadi menggelar
sosialisasi pengolahan daun Kelor dengan menggunakan metode mesin pengering daun kelor (Nutrition Lock Metode System) Selasa, 10 Mei 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung BRI lama Jalan Niaga Kelurahan Lokea – Kecamatan Larantuka – Kabupaten Flores Timur dihadiri Batiwanwil Kodim 1624/Flotim Serka Sukardi, Babinsa perwakilan dari Koramil jajaran Kodim 1624/Flotim, dan etua Persit Persit KCK Cabang XXII Dim 1624 Ny. Fika Tunggul Jati, Pengurus Persit KCK Cabang XXII Dim 1624.

Dedi Krisnadi, dalam sosialisaimya menjelaskan tentang pentingnya manfaat kelor secara spesifik bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya;

-Mengatasi stress
Dan daun kelor mengandung adaptogen. Adaptogen inilah yang bisa melindungi tubuh dari efek buruk yang dipicu akibat stress.

-Menurunkan gula darah
Mengkonsumsi daun kelor ternyata juga bisa menurunkan gula darah.

– Menurunkan kolesterol
dengan daun kelor juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

-Mencegah kanker
Ekstrak kelor mampu untuk mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelor merupakan pencegah alami dari tumbuhnya kanker.

-Mengatasi stunting tidak harus dengan biaya mahal. Bayi bisa dapat gizi kelor dari air susu ibu yang mengonsumsi kelor.

– Kelor juga mencegah anemia karena zat besinya tinggi. Protein kelor daun segar setara dua kali protein yogurt.

Selain itu, Dedi juga membeberkan kandungan berbagai viyamin yang terdapat dalam daun kelor yang telah dikeringkan.

“Kelor kering setara sembilan kali protein yogurt. Vitamin A pada daun segar kelor empat kali wortel, dan 10 kali wortel pada kelor kering. Kelor bisa didapat dengan mudah dan murah,” ujarnya menjelaskan.

Usai mendapat penjelasan, para Babinsa dan pengurus Persit KCK Cabang XXII Dim 1624, diberi kesempatan melaksanakan pratek pengolahan daun kelor, dimulai dari cara memilih daun yang bagus dan cara memetik daun yang benar.

*Boing

News Feed