oleh

Kanwil Kemenkum HAM NTT Terjunkan Tim Koordinasi ke Waingapu, Tingkatkan Pengawasan Orang Asing

Zonalimenews-Waingapu,- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT melalui Divisi Keimigrasian, menerjunkan Tim Koordinasi ke Waingapu, Sumba Timur.

Tim Koordinasi dipimpin oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Christian Penna tiba di kota “Matawai Amahu Pada Njara Hamu” pada Senin, 21 Februari 2022 untuk melaksanakan komunikasi dan koordinasi terkait pengawasan orang asing bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Sumba Timur.
Saat melakukan koordinasi bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumba Timur, Christian menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan komunikasi dan koordinasi Timpora dalam upaya meningkatkan pengawasan orang asing yang ada di Kabupaten Sumba Timur.

Pada kesempatan yang sama, Christian menyampaikan pentingnya meningkatkan pengawasan terhadap orang asing baik keberadaan maupun aktivitas orang asing tersebut selama berada di wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten Sumba Timur.

“Dengan demikian kita dapat memiliki data yang valid terhadap jumlah keberadaan orang asing dan kita juga dapat mengawasi dengan baik kegiatan orang asing selama berada di Sumba Timur, ” ungkap Christian.

Dikatakan Christian, ini menjadi tugas bersama semua instansi terkait yang tergabung dalam Timpora Kabupaten Sumba Timur dengan demikian fungsi komunikasi dan koordinasi antar instansi dalam Timpora menjadi penting.

Mengamini apa yang disampaikan Christian, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumba Timur, Umbu Yehu Jaya Meha mengucapkan selamat datang di Sumba Timur dan juga berterima kasih atas kunjungan dalam rangka koordinasi yang dilakukan oleh Divisi Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT terkait pengawasan orang asing.

Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis Daerah (Jimastrada), Samsudin melanjutkan, terkait pengawasan orang asing di Kabupaten Sumba Timur sejauh ini telah dilaksanakan dan selalu melakukan koordinasi.

Menurutnya, di Kabupaten Sumba Timur sendiri dalam pengawasan orang asing, selain Timpora juga sudah terbentuk Tim Pemantauan Orang Asing dengan SK Bupati Sumba Timur.

Kepada Tim Koordinasi Samsudin menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur akan terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing dan selalu bertukar informasi dengan Timpora tentang keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di Kabupaten Sumba Timur.

Pada tempat terpisah, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Eko Budianto mengatakan bahwa tugas pengawasan orang asing adalah tugas yang sifatnya koordinatif yang dilaksanakan secara terpadu melalui Timpora, hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, disebutkan dalam pasal 194 bahwa “Untuk melakukan pengawasan Keimigrasian secara terkoordinasi terhadap kegiatan Orang Asing di Wilayah Indonesia, Menteri membentuk tim pengawasan Orang Asing”, yang untuk melaksanakan hal tersebut kemudian diterbitkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

Eko melanjukan, merujuk pada aturan yang ada maka pelaksanaan pengawasan keberadaan termasuk kegiatan orang asing yang berada dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah menjadi tugas dan fungsi dari Timpora. Dengan demikian fungsi komunikasi dan koordinasi semua instansi terkait yang tergabung dalam Timpora perlu ditingkatkan dan diharapkan tugas dan fungsi pengawasan dapat berjalan secara sinergi sesuai aturan yang berlaku.
Senada dengan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana D. Djone dalam arahannya saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Divisi Keimigrasian menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAN NTT terus berupaya untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua _stakeholder_ dalam kaitan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM RI di wilayah Nusa Tenggara Timur termasuk tugas-tugas keimigrasaian.

“Untuk tahun 2022 pengawasan orang asing melalui Timpora menjadi Target Kinerja Kementerian hukum dan HAM RI dengan demikian saya sangat mengharapkan pengawasan orang asing dapat dilaksanakan secara terpadu dengan intansi terkait yang tergabung dalam Timpora”.(*Tim)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed