oleh

Lagi, Dandim Setyawan Resmikan Pompa Hidram Tahap ll di Adonara-Flotim

ZONALINENEWS. COM, LARANTUKA – Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam berbagai sendi kehidupan.

Ketersediaan akan air bersih yang cukup, mampu memberikan berbagai dampak positif bagi manusia.

Berangkat dari kepedulian akan pemenuhan air bersih yang layak, Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menghadirkan program Pompa Hidram di wilayah Kodam IX Udayana terutama di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di wilayah Kodim 16 24 / Flores Timur (Flotim).

Di Flores Timur terdapat 11 Pompa Hidram. Salah satunya berada di desa Kolipetung, Kecamatan Adonara barat yang diresmikan penggunaanya oleh Dandim 1624/Flotim Letkol Czi Imanda Setyawan S.T.,M.I .P, pada Rabu, 29 Desember 2021.

Dalam sambutanya, Dandim Setyawan mengatakan berbagai manfaat yang bisa dirasakan pasca diresmikanya penggunaan pompa Hydram.

Dandim juga menyinggung tingginya angka stunting di NTT.

“Hadirnya air bersih sudah tentu mampu meningkatkan kualitas hidup manusia terutama bersinggungan dengan bidang kesehatan termasuk menekan angka stunting,” ujar Dandim Setyawan.

Selain memenuhi kebutuhan konsumsi, bisa juga membawa perubahan pola pikir masyarakat di bidang pertanian yakni bercocok tanam.

Setyawan berharap, masyarakat setempat dapat merawat serta menjaga dengan baik Hydram yang telah ada serta sumber air sehingga ketersediaan akan air bersih senantiasa cukup.

“Warga masyarakat agar, laksanakan gerakan jaga air dan alam, dapat merawat dan memelihara pompa hydram ini. Karna sudah merupakan aset desa, sehingga memiliki masa pakai yang lama dan nantinya bisa dinikmati oleh anak cucu kedepan,” sebut Setyawan.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan partisipasi dan gotong-royong masyarakat Kolipetung selama proses pengerjaan pompa hydram hingga berjalan secara lancar dan baik,” tambahnya.

Usai meresmikan penggunaanya, dilanjutkan dengan penandatanganan penyerahan pompa hidram dari TNI kepada pemerintah desa setempat diikuti dengan peninjauan mata air, serta lokasi bak penampungan air dan MCK.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Flotim diwakili Kadis PMD Paulus Kewaka Kewaton,
Kabid Penyuluhan Pertanian Frengki Simbo, Kapolsek Adonara diwakili Bhabinkamtibmas Bripka Fransiskus Sili, Danramil 1624-02/Adonara
Kapten Inf Ahmad Setyadi Sujatmiko, Camat Adonara Ariston Kolot Ola, dan Anggota Koramil 1624-02/Adonara.

Dari perangkat desa hadir juga Kepala Desa Kolipetung Usman Zainuddin, Ketua BPD Rahman Ismail, serta tenaga medis Kepala Puskesmas Kolipetung Yohana Fransiska Bahi,Tokoh Agama, Tokoh Adat juga Tokoh Masyarakat Desa Kolipetung.

Keberadaan pompa hydram di desa Kolipetung sebelumnya telah melalui serangkaian prosedur survei serta penilaian.

(*Rit/Ted).

News Feed