oleh

Kodim 1624, Gelar Penghijauan dan Penanaman Pohon Serentak

ZONALINENEWS.COM, LARANTUKA – Komando Distrik Mliter (Kodim) 1624 Flotim/Lembata menggelar acara penghijauan dan penanaman pohon secara serentak.

Kegiatan yang menyasar seluruh wilayah Kodim 1624, Jumat, 3 Desember 202 bertempat di Koramil 1624-02/Adonara Kelurahan Waiwerang Kota, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur – Nusa Tenggara Timur, dipimpin Dandim 1624/Flotim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T. M.I.P.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Flotim Ir. Antonius Wukak Sogen Mewakili Bupati Flotim, Kejari Flotim diwakili Kasi Intel Kejari Flotim Tajuddin. SH, Kepala BRI Cabang Larantuka Marko Arif Pramudita, Persit KCK Cab. XXII Kodim 1624/Flotim Ranting 3 Koramil 1624-02/Adonara, Pasi Ter Kodim 1624/Flotim Kapten Inf Yakobus Milan Tukan, Camat Adonara Timur Damianus Lamawuran SH,
Danramil 1624-02/Adonara Kapten Inf. Ahmad Setiadi Jatmiko, Kapolres Flores Timur diwakili Kapolsek Adonara Timur Ipda Agus Heriawan, Lurah Waiwerang Kota Egedius Lega Laot S. Pt, M. Pt serta Pramuka SMANSA Adonara Timur.

Dandim Letkol Czi Imanda Setyawan, S.T. M.I.P., dalam sambutanya mengatakan penetapan lokasi penghijauan dan penanaman di wilayah Kodim merupakan lokasi yang pernah mengalami bencana badai seroja pada beberapa waktu lalu.

Kendati pada lokasi tersebut, telah mendapat perhatian berupa konservasi serta normalilasi sungai, tentu perlu mendapat penguatan tambahan dengan adanya penanaman tanaman keras jangka panjang.

Menurut orang nomor satu pada Kodim 1624 ini, kegiatan penghijauan sendiri dilaksanakan di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana Bali NTB dan NTT.

Masih menurut Dandim, lahan titik konservasi pada kedua sisi sungai yang telah dinormalisasi sudah bukan hal yang biasa melainkan berguna menjaga lingkungan secara menyeluruh serta menguatkan bantaran sungai.

Untuk itu Setyawan berharap, kegiatan penghijaun serta tanaman yang telah ditanam senantiasa mendapat perawatan sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya.

Menjaga kelangsungan hidup pohon yang baru ditanam agar bisa bertumbuh dengan baik, Dandim meminta para Danramil bisa membagi tugas pengawasan kepada para anggota TNI.

“Selanjutnya bapak Danramil akan membagi sektor dan dibagi tugas masing-masing sektor itu untuk merawat sampai bisa ditinggalkan. Kalau kita seperti ini kan bisa ditinggal tapi untuk tumbuh menjadi kuat perlu dirawat,” ujar Dandim.

Mengakhiri sambutanya, Setyawan menyampaikan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi.

Mewakili Bupati Flotim, Antonius Wukak Sogen mengatakan gerakan penghijaun dan penanaman dengan melibatkan berbagai unsur, merupakan upaya terencana untuk mengembalikan kondisi lingkungan pasca diterjang badai seroja.

Sogen juga mengatakan kegiatan tersebut bagian dari rasa kepedulian dan tanggungjawab merawat lingkungan di sekitar kita.

(*Ritha Senak)

News Feed