oleh

Belum Setengah Tahun Di PHO, Talud Pengaman Kali Desa Gekeng Deran Hancur Diterjang Banjir

ZONALINENEWS.COM, LARANTUKA – Talud pengaman bantaran kali yang terletak di desa Geken Deran Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur – Nusa Tenggara Timur belum lama ini dilaporkan hancur diterjang banjir yang melanda wilayah tersebut Jumat, 24 Desember 2021.

Kerusakan diperkirakan mencapai 150 meter.

Kondisi memprihatinkan demikian, menimbulkan kecemasan bagi warga yang berada di sekitarnya apabila curah hujan dengan intensitas tinggi.

“Kami khawatir dan waspada, apabila terjadi hujan terus-menerus maka kemungkinan akan ada luapan banjir ke pemukiman warga. Talud yang jebol sepanjang 159 meter persis mengarah ke Desa Gekeng,” kata Yolan Tukan.

Tukan menyesali pembangunan talud yang dikerjakan PT. PT. Entete Jaya Konstruksi sejak Maret – Juli 2021 silam dengan menelan anggaran sebesar Rp. 2.552.083.000 masih dalam masa perawatan namun telah mengalami kerusakan sehingga tidak memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kami warga Desa Gekeng Deran sangat menyesali kejadian ini, anggaran yang begitu besar, dan masih dalm proses pemeliharaan namun sudah dengan kondisi seperti sekarang, sangat tidak bermanfaat,” tutup,” sebutnya.

Ia berharap, kondisi demikian secepatnya ditangani pemerintah untuk menghindari terjadinya luapan banjir menuju desa.

Kepala Desa Gekeng Deran, Fidelis Notan Tukan, hingga saat ini belum bisa dihubungi karena terkendala kondisi jaringan seluker yang tidak stabil.

Sementara pihak BPBD setempat dikonfirmasi wartawan Senin, 27 Desember 2021 hingga berita ini tayang belum merespon.

(Ted/Rit).

News Feed