oleh

Tim SAR Kupang Berhasil Selamatkan 5 Orang Pendaki Gunung Timau Yang Tersesat

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Tim SAR Kupang berhasil menyelamatkan 5 orang pendaki Gunung Timau di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis 4 November 2021.

Diketahui korban bernama Roni Ndun (33) tahun, Yosep Marselino (38) tahun, Frangki Seran (34) tahun, Rhamadan Morematalo (33) tahun dan Thomi Thei (28)

Analis Kantor SAR Kelas A Kupang Maria Imaculata Pilomena Rasi mengatakan, pada hari Kamis 4 November 2021 sekira pukul 10.22 Wita, sebanyak 4 orang melakukan traking dan mendaki Gunung Timau.

“Sesuai informasi keempat orang pendaki tersebut sekira pukul 12.30 Wita sudah bergerak turun dari pendakian. Nanun, mereka tersesat pada saat arah jalan pulang, sehingga sampai pukul 17.00 Wita para pendaki ini belum juga tuba di lokasi pendakian awal,” kata Maria ketika dikonfirmasi, Minggu 5 November 2021.

Menurut Maria, pihaknya mendapat laporan dari seorang kerabat salah satu pendaki yang bernama ibu Ajeng melalui via telepon terkait hilangnya keempat pendaki ini.

“Operator Radio dan Komunikasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang segera mengecek kebenaran informasi yang diterima. Selanjutnya, setelah dipastikan kebenarannya, melalui precom – excom. Kagahar menyampaikan informasi tersebut kepada Kasi Operasi dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang Emi Frizer, selaku Sar Mission Coordinator memerintahkan agar mempersiapkan personil, Alut SAR serta peralatan SAR yang diperlukan untuk melaksanakan operasi SAR terhadap keempat orang pendaki yang tersesat saat melakukan treking di Gunung Timau Kabupaten Kupang,”

“Sekira pukul 23.00 Wita, diberangkatkan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang yang berjumlah 9 orang menggunakan Rescue D-Max dan Truck Personil dilengkapi peralatan SAR Darat, Peralatan Medis dan Palsar lain, guna melaksanakan operasi SAR.
Jumat, 5 November 2021. Tiba di lokasi pencarian, Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas Kupang langsung berkoordinasi dengan pihak terkait guna melaksanakan operasi SAR,” ungkap Maria.

Pada pukul 06.00 Wita, lanjut Maria, Tim SAR Gabungan mulai melakukan pencarian terhadap para pendaki yang tersesat melalui penyisiran darat mengikuti jalur perjalanan tracking 4 Orang Korban hingga Puncak Gunung Timau.

Pada pukul 08.30 WITA, Tim SAR Gabungan Berhasil Menemukan 5 orang korban dalam keadaan Selamat pada koordinat 09°35′ 03.17″ S – 123°56′ 09.25″ E dan langsung melakukan evakuasi menuju Polsek Amfoang Selatan.

“Untuk hasil Operasi SAR, korban yang semula di info kan pelapor berjumlah 4 orang, berhasil ditemukan dan berjumlah 5 orang dengan identitas sebagai,” jelas Maria

Dia menambahkan, kelima pendaki ini diduga tersesat karena pengaruh cuaca.

“Saat ini cuaca lagi musim hujan, sehinga mereka kemungkinan besar tersesat dan tidak bisa jalan pulang kerana cuaca buruk,” tutup Maria. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed