oleh

Operasi Zebra Ranakah 2021, Kendaraan Racing Menjadi Target Polres Flotim

Operasi Zebra Ranakah 2021, Kendaraan Racing Menjadi Target Polres Flotim

ZONALINENEWS.COM, LARANTUKA – Satuan Lalulintas Polres Flores Timur – Nusa Tenggara Timur sejak Senin, 15 November 2021 telah menggelar Operasi Zebra Ranakah 202.

Operasi dimaksud sebagai agenda tahunan terpusat dalam menghadapi Hari Raya Natal dan pergantian Tahun Baru.

Dalam kegiatan operasi ini, kita sudah mendapatkan petunjuk dan arahan yang begitu banyak. Bahwa kita menjalani Operasi Zebra Ranaka ini secara hamanis. Dengan lebih banyak memberikan kesadaran kepada pengguna jalan, yaitu dua hal penting yakni pertama tetap mentaati peraturan protokol kesehatan dan yang kedua mentaati peraturan lalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Flores Timur, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, melalui Kasatlantas Polres Flotim, Iptu. Laurentius D. Daton, Selasa Selasa, 23 November 2021

“Dua kebijakan pemerintah ini kami laksanakan di daerah dan sudah melaksanakan kurang lebih 1 minggu. Yang kami lakukan adalah memeberikan himbauan-himbauan, melakukan pembagian masker dan melakukan pengecekan kendaraan,” ungkapnya.

Menurut Daton, ketika pengguna jalan melakukan prokes maka dilakukan komunikasi langsung dengan pengguna jalan lebih efisien. Namun untuk pelanggaran berat, maka akan dilakukan tindakan tegas.

“Untuk Kabupaten Flores Timur ini, yang meresahkan masyarakat adalah kenalpot racing. Dan bisa diketahui bahwa sejak sebulan saya menjabat sudah banyak racing yang di pasang pada kendaraan roda 4 yakni pick up yang memuat ikan dari larantuka menuju barat dari pulau flores,” ujar Laurentius.

Sebagai bentuk tindakan tegas, kendaraan pengguna knalpot racing digiring menuju Mapolres selanjutnya diganti dengan knalpot standar.

Dijelaskan juga bahwa untuk meminimalisir hingga menghilangkan pengguna kenalpot racing di wilayah Flores Timur, Satlantas bekerja sama dengan Kasatbinmas dan mengumpulkan Bhabinkamtibmas di desa binaanya agar menegur pengguna kenalpot racing atau menyitanya.

“Jadi itu tindakan yang dilakukan dalam Operasi Zebra Ranaka 2021. Hingga penghujung tahun angka kecelakaan yang terjadi sudah menyebabkan 34 nyawa yang hilang secara cuma-cuma hanya karena kecelakaan,” tutur Iptu. Laurentius Daton.

(*Rita/Teddy)

News Feed