oleh

Menopang Ekonomi Masyarakat, Koperasi KMJ Hadir di Manggarai

Menopang Ekonomi Masyarakat, Koperasi KMJ Hadir di Manggarai

ZONALINENEWS.COM, MANGGARAI – Dalam menopang perekonomian masyarakat Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT, Partai Golkar secara resmi melaunching Koperasi Karya Manggarai Jaya, Rabu 10 November 2021.

Kegiatan ini berlangsung
di Kantor Golkar Manggarai, Leda Kelurahan Golo Dukal, Kecamatan Langke Rembong.

Ketua DPD II Golkar Manggarai, Yoakim Jehati mengatakan, kehadiran koperasi KMJ untuk menopang perekonomian masyarkat di tengah wabah Covid-19.

“Khususnya dalam rangka meningkatkan derajat ekonomi masyarakat Kabupaten Manggarai” kata Yoakim kepada undangan yang hadir pada acara Launching Koperasi KMJ dan HUT Golkar Kabupaten Manggarai yang ke-57.

Selain itu, Yoakim juga menjelaskan aspek regulasi terbentuknya Koperasi KMJ.
Menurut UU No 25 tahun 1992, kata dia, bahwa koperasi dapat diartikan sebagai sebuah badan usaha yang beranggotakan sekumpulan orang yang kegiatannya berlandaskan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi kerakyatan yang berasas kekeluargaan.

Sementara, lanjutnya, Mohammad Hatta, yang sekaligus menjadi bapak Koperasi menerangkan bahwa koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong.

“Dengan demikian, tidak heran jika pengelolaan koperasi mengarah pada kegiatan tolong-menolong untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya. Itulah salah satu sebab mengapa koperasi sangat bermanfaat untuk banyak orang” urainya.

Golkar Manggarai bertekad, kata dia, menciptakan pengusaha-pengusaha yang bukan berasal dari wilayah lain. Koperasi KMJ hadir untuk menopang ekonomi dan memberikan solusi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Sebagai partai besar, Partai Golkar harus bisa menjadi penggerak. Memberikan solusi bagi masyarakat apalagi pertumbuhan ekonomi di Manggarai yang saat ini melambat karena situasi Covid-19” tukasnya.

Kepada Zonalinenews, ia menjelasakan, bahwa koperasi KMJ sudah beranggota 200 orang, yang terdiri dari pengurus DPD II Golkar hingga pengurus tingkat desa dan masyarakat.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Manggarai Herybertus Nabit dan Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut bersama Pemuda Pancasila, GMNI Manggarai dan PMKRI Ruteng.

Pada kesempatan itu juga Ketua DPD II Golkar Manggarai, Yoakim Jehati melantik pengurus tingkat kecamatan dan desa.

Reporter: Kons Hona
Editor: MR

News Feed