oleh

JPU Kejari Kupang Terkesan Paksa Hadirkan Bocah 5 Tahun Sebagai Saksi

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Jaksa Penuntut Umum(JPU) Kejaksaan Negeri Kupang terkait sidang perkara pengancaman tindak pidana ringan antara Terdakwa (MD) melawan Pelapor (CD), JPU paksa hadirkan saksi anak dibawah umur C (5 tahun) yang merupakan anak kandung dari terdakwa MD.

Mengawali sidang, Hakim Ketua telah menyampaikan agar JPU kembali mempertimbangkan dihadirkannya saksi yang berstatus dibawah umur, namun hal tersebut tidak diindahkan JPU.

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ini tetap dilanjutkan secara tertutup, dipimpin Hakim Ketua Fransiskus W. Mamo, S.H., M.H., Hakim Anggota Reza Tyrama, S.H., dan A.A Gde Oka Mahardika, S.H., M.H., Rabu 24 November 2021 di Pengadilan Negeri Kupang.

Joko Talan, S.H., Kuasa Hukum Terdakwa MD menyayangkan sikap arogansi JPU yang mengabaikan resiko psikis terhadap saksi dalam memberikan keterangan yang memberatkan kepada terdakwa selaku ayah kandung.

“Kami kecewa dan menyayangkan sikap arogansi JPU yang tetap memaksa hadirkan anak sebagai saksi yang beratkan terdakwa selaku ayah kandung. Walapun JPU telah melaksanakan sesuai prosedur hukum dengan berikan pendampingan dalam hadirkan saksi dibawah umur, namun jaksa melupakan resiko psikis terutama ikatan batin antara seorang ayah dan anak,” tegasnya.

Joko mengharapkan Majelis Hakim agar bijaksana dalam menentukan keputusan berhubung pengambilan keterangan terhadap saksi tidak dibawah sumpah.

“Saat ini kami hanya berharap agar Majelis Hakim PN Kupang dapat memberikan pertimbangan yang seadil-adilnya terkait dihadirkannya saksi anak dibawah umur yang memberatkan ayah kandungnya sendiri. Menurut kami, situasi ini akan menjadi beban hidup bagi anak dalam pertumbuhannya kedepan,” harapnya.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Christofel Mallaka yang dikonfirmasi usai sidang menjelaskan, pertimbangan hadirkan saksi dibawah umur ini telah sesuai dengan prosedur.

“Kami hadirkan saksi dibawah umur ini sesuai dengan prosedur. Kehadiran saksi tadi didampingi wali dalam hal ini ibu kandung serta pendampingan dari dinas sosial,” jelasnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed