oleh

Setelah Lepas Pasung, 2 ODGJ di Manggarai Dirawat di Renceng Mose

Zonalinenews-Manggarai,- Dua warga Kabupaten Manggarai yang berstatus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) kini menjalani perawatan di Pusat Rehabilitasi dan Klinik Gangguan Jiwa Renceng Mose.

Sebelumnya, KW (34) dan HTJ (65) dirawat di rumah keluarga. Kedua pasien ODGJ yang berdomisili di Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong secara resmi melepaskan pasung oleh Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, Kamis September 2021.

Pihak keluarga menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada Bupati Manggarai dan jajarannya. Ketika Bupati Hery membuka gembok kurungan dan memotong rantai belenggu, kedua pasien tersebut terlihat tenang dan ramah.

Kepada awak media, Hery Nabit menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pemerintah untuk penanganan ODGJ di Kabupaten Manggarai.

“Melepas pasung dua OGDJ itu juga sebagai bentuk sosialiasi baik kepada pengambil kebijakan, tenaga medis, pihak lainnya dan juga masyarakat luas untuk membangun kesadaran masyarakat di mana perlu diperhatikan secara serius terkait ODGJ. Dengan adanya hal itu tentu diharapkan kasus ODGJ di Manggarai bisa diselesaikan” ujar Hery kepada sejumlah awak media.

Dalam menjalankan kegiatan ini, kata Hery, tentu melibatkan lintas sektor atau dibutuhkan kerja sama serta kolaborasi dari semua pihak.

Ia menjelaskan, penanganan ODGJ di Manggarai melibatkan Dinas Kesehatan Propinsi, kemudian dari Kementerian Kesehatan, pihak pemerintah (daerah), dan Klinik Renceng Mose.

Orang nomor satu di Manggarai ini juga menguaraikan jumlah ODGJ dengan total 503 orang. Dari jumlah itu, ODGJ yang sudah berobat berjumlah 325 orang, ODGJ yang pernah dipasung 47 orang, sudah lepas pasung 20 orang dan ODGJ yang belum lepas pasung sebanyak 27 orang.

Terpisah, Perawakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr Dikson Lego, Sp. KJ mengatakan, ODGJ yang dilepas pasung bukan berarti sudah dinyatakan sembuh tetapi masih dibutuhkan perawatan yang intensif sehingga mereka benar-benar pulih.

“Setelah pasien ODGJ itu benar-benar sembuh, setelah itu keduanya akan dipulangkan ke rumah masing-masing” kata pria yang disapa Dikson itu.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Tim Kementerian Kesehatan RI, Drs. Rahbudi Helmi, Apt.,MKN, Direktur Rumah Sakit Jiwa Naimata, Drs. Dikson Legoh, SPKJ; Dewanta Mental Healthcare (DMH) Klinik, Dr. Sinta Widari, SPKJ; Tim Dinas Kesehatan Propinsi NTT, Nur Azizah, SKM.,M.Kes, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Camat Langke Rembong, Ir. Daniel Baru, dan Lurah Pau.(Kons Hona)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed