oleh

Sejumlah Pemuda di Kabupaten Belu Ikut Patroli Perbatasan NKRI – Timor Leste

ZONALINENEWS.COM – ATAMBUA, Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, sejumlah pemuda di Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) ikut kegiatan patroli pengamanan bersama Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pantas) Yonif 742 SWY di wilayah Perbatasan NKRI – Timor Leste (Tiles).

Sebelum ikut melakukan patroli tapal batas, para pemuda – pemudi di Kabupaten Belu terlebih dahuludiberikan arahan dan petunjuk agar dalam pelaksanaan patroli diareal perbatasan NKRI – Timor Leste para pemuda – pemudi tersebut tidak melakukan hal – hal diluar aturan.

Bersama para prajurit penjaga perbatasan NKRI, pemuda – pemudi tersebut menerobos hutan, menyusuri sungai serta menembus semak belukar untuk melihat dan memeriksa kondisi patok – patok batas antar kedua negara, apakah masih berada pada titik koordinat atau tidak.

“Saya baru pertama kali mengikuti patroli perbatasan bersama anggota Satgas Pamtas RI – Timor Leste, dan juga baru mengetahui secara pasti letak dan titik – titik batas antar kedua negara. Selain itu saya juga merasa bangga dengan para prajurit TNI yang selalu setia menjaga serta melindungi kedaulatan NKRI walau medan yang harus dijaga dan ditelusuri sangat sulit,” kata Trio Manek, seorang pemudi asal Dea Silawan, Kabupaten Belu NTT, Kamis 28 Oktober 2021.

Sementara itu, menurut Anggota Satgas Pamtas RI – Timor Leste, Serda Ifan Fadilla, pada patroli menjaga perbatasan kali ini sengaja mengajak para pemuda dan pemudi di Kabupaten Belu untuk ikut dalam kegiatan patroli dengan tujuan untuk memperkenalkan batas wilayah kedaulatan NKRI kepada para pemuda – pemudi di wilayah perbatasan.

“Tujuan dari mengajak para pemuda di wilayah perbatasan ini, untuk ikut dalam patroli perbatasan guna mengugah semangat mereka sebagai seorang pemuda Indonesia agar lebih mencintai tanah air Indonesia. Dan selain itu untuk memperkenalkan batas – batas negara kepada mereka, agar mereka selalu setia terhadap NKRI,” ungkapnya,

Serda Ifan menambahkan, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, serta sebagai bentuk memupuk kecintaan pemuda perbatasan akan kedaulatan negara atau bentuk menanggulangan TNI bersama rakyat dalam menjaga, melindungi serta mengamankan kedaulatan NKRI. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed