oleh

Rayakan HUT TNI Ke-76, Ini Sejumlah Kegiatan Karitatif Kodim 1612 Manggarai

Zonalinenews-Manggarai,- Semarak Hari Ulang Tahun TNI ke-76 diwarnai dengan berbagai kegiatan, baik ceremonial maupun kegiatan sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam memperingati dirgahayu TNI ini, Kodim 1612 Manggarai melaksanakan beraneka ragam kegiatan.

Selain upacara secara virtual yang lazim dilakukan pada HUT TNI sebelumnya, kali ini, Kodim 1612 Manggarai lebih fokus pada kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Dandim 1612 Manggarai, Letkol Cav. Ivan Alfa kepada Zonalinenews, Rabu (7/10/2021) menerangkan, dalam mengisi HUT TNI ke-76, Kodim 1612 Manggarai melakukan kegiatan karitatif meliputi, pemasang pompa hydram di beberapa titik di wilayah itu.

Ia menjelaskan, Kodim 1612 Manggarai telah memasang beberapa unit Pompa Hidram. Pompa hidram adalah pompa air yang bekerja menggunakan hentakan hidrolik air

“Pemasangan Hidram ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan air minum bersih. Selain itu, warga setempat bisa menggunakan air untuk mencuci, memasak bahkan mengairi sawah mereka. Saat ini masyarakat sudah merasakan manfaat dari pompa hidram” terang pria yang disapa Ifan itu.

Serba-serbi kegiatan lain yang telah dilakukan, kata Dandim Ifan, yakni membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu termasuk panti asuhan. Selain itu, pembagian masker kepada warga.

Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, tentu TNI harus berpikir soal program untuk menjawab kebutuhan masyakat. Pasalnya, dampak dari virus asal Wuhan itu mengguncang sendi perekonomian, menurunnya derajat kesehatan dan beberapa faktor lainya.

“Sehingga, spirit Tentara Nasional Indonesia yakni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat perlu diaktualisasikan” ujarnya.

Dalam membantu perekenomian masyarakat maka perlu digelar berbagai kegiatan karitatif.

“Sebagai contoh program yang telah dilakukan oleh Kodim 1612 Manggarai dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat adalah membangun tempat Mandi, Cuci, Kloset (MCK) umum di beberapa titik di wilayah Manggarai Raya” tukas Ifan.

Untuk diketahui, rangkaian acara HUT TNI Ke-76 tingkat Kodim 1612 Manggarai adalah melakukan upacara secara virtual, doa bersama, acara ramah tamah bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan beberapa purnawirawan.(*Kons Hona)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed