oleh

HMI Kupang Gelar Dialog Kebangsaan Waspada Radikalisme Dan Terorisme

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Guna memperkuat wawasan kebangsaan dan spirit nasionalisme, Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang menggelar dialog kebangsaan. Dengan tema yang diusung kali ini yakni ”Rekonsiliasi Nasional Meng hadapi Transformasi Ideologi Trans Nasional dan Tantangan Pemuda Menuju Indonesia Emas 2045″.

Dua orang pemateri dihadirkan dalam dialog kebangsaan ini. Kedua narasumber ini merupakan senior HMI Cabang Kupang yakni Amir Kiwang dan Hamzah Wulakada. Kegiatan dialog kebangsaan ini digelar di salah satu restoran di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Minggu 17/10/ 2021.

Ketua HMI Cabang Kupang, Ibnu Tokan menjelaskan bahwa kegiatan dialog kebangsaan yang digelar ini digelar berdasarkan tujuan HMI, yakni untuk mengawal visi umat dan kebangsaan.

kita sudah berpikir bagaimana menjadi perisai kebangsaan dan yang paling penting, bagaimana kader HMI dapat mengedukasi masyarakat bahwa radikalisme bukan persoalan agama, tetapi persoalan ideologi. Hal tersebut harus bisa dibedakan” Ujar Ibnu.

Dijelaskannya pula bahwa HMI sebagai perisai kebangsaan, di dalamnya ada komitmen keumatan dan kebangsaan, dan senantiasa mengawal isu-isu kontemporer terkait dengan isu masalah umat dan kebangsaan.

“Target yang ingin kita capai dari kegiatan ini adalah, HMI mampu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa radikalisme dan terorisme masalah utamanya ialah bukan soal agama tapi soal ideologi,” tambahnya.

Salah seorang pemateri yang hadir Hamzah Wulakada mengatakan bahwa hal terpenting yang bisa dilakukan ialah bagaimana generasi hari ini harus bisa memikirkan generasi 25 tahun kedepan dan hal ini harus mulai dipikirkan sejak hari ini, karena kalau tidak siapkan secara baik, maka mereka ( kaum muda_red ) akan menjadi penonton.

Usai kegiatan dialog kebangsaan, acara dilanjutkan dengan deklarasi kebangsaan. Dimana poin utamanya ialah HMI sebagai perisai kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan segala keanekaragaman suku, agama dan budaya. Maka sudah mestinya HMI menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sebagai upaya mewujudkan Indonesia yang berkeadilan, dan HMI juga menegaskan untuk menolak berkembangnya ideologi radikalisme transnasional di Indonesia, yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. (*rr)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed