oleh

Diskominfo Manggarai Gelar Bimtek Master Plan ‘Smart City’ Tahap III

ZONALINENEWS.COM – MANGGARAI, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan master plan ‘Smart City’ tahap III di Media Center, Kantor Bupati Kabupaten Manggarai.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Ody Jemat mengatakan, kegitan Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni sejak tanggal 11 hingga 12 Oktober 2021.

“Bimtek ini untuk menindaklanjuti nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Manggarai bersama Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) melalui Ditjen Aplikasi Informatika,” kata Ody Rabu 13 Oktober 2021.

Menurutnya, nota kesepahaman ini digelar pada bulan Mei 2021 yang lalu secara virtual.

“Selain itu, kegiatan ini berdasarkan hasil assessment gerakan menuju smart city pada kawasan pariwisata prioritas dan Ibu Kota Negara Baru dengan Nomor: 646/Kominfo/DJAI/AI.01.04/2020, tanggal 21 Oktober 2020,” ungkap Ody.

Dia juga menjelaskan, bahwa Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien.

“Master plan yang digodok ini merupakan perencanaan kota menjadi bagian dalam proses mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan cara meningkatkan layanan masyarakat, dengan mengintegrasikan beberapa elemen yang ada di perkotaan, seperti pemerintahan, ekonomi, kualitas hidup, lingkungan, dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Smart City di Kabupaten Manggarai ini dilakukan dengan model participatory planning, dimana semua OPD terlibat aktif untuk menggali potensi dan permasalahan yang ada serta mengusulkan program-program inovasi yang efektif, efisien dan mudah untuk diterapkan.

“Bimtek tahap III kali ini dilaksanakan untuk merumuskan program quick win dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang pada setiap dimensi smart city antara lain, smart government, smart leaving, smart environment, smart branding, smart people dan smart economy,” jelas Ody.

Sementara, dalam sambutannya, Plt.Kadis Infokom Kabupaten Manggarai Karolus Jun, mengatakan, output dari Bimtek itu akan menghasilkan master plan yang berkualitas dan mudah dilaksanakan.

Sehingga, ia berharap, kehadiran Smart city dapat membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

“Dalam hal ini, adanya peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, pengurangan kongesti bagi pengguna jalan, transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik dan keamanan data informasi dan lain-lain” tukas mantan Camat Reok Barat itu. (*kons/hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed