oleh

Wakil Wali Kota Jakpus Irwandi Tinjau Kegiatan Pengerukan Kali Sentiong

ZONALINENEWS.COM – JAKARTA, Untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, Meninjau secara langsung kegiatan pengerukan lumpur di Kali Sentiong yang dikerjakan oleh Sumber Daya Air Sudin Jakarta Pusat pada, Minggi 26 September 2021.

Program pengerukan kali Sentiong membelah tiga kelurahan yakni meliputi Kelurahan Tanah Tinggi, Kampung Rawa dan Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Wakil Walikota Jakpus langsung turun kebawah mengecek perkembangan program grebek lumpur tersebut. Menurut Irwandi, kini kita mulai kembali melakukan kegiatan grebek lumpur untuk mengendalikan banjir di kawasan Johar baru.

Grebek lumpur Kali Sentiong saat ini sudah sampai ujung Jalan Kramat Pulo, RW.10 Kelurahan Tanah Tinggi dan RW.01 Kelurahan Johar Baru. Grebek lumpur itu sendiri sudah dilaksanakan sejak Oktober 2020 tahun, dimulai dari Jembatan Galur, jelas Irwandi didampingi Camat Johar Baru, Nurhelmi Safitri.

Ikut hadir Ka.Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Marsigit, Lurah Tanah Tinggi, Sunardi dan Lurah Johar baru, Siswanto.

Irwandi berharap kepada warga supaya membuang sampah tertib, jangan buang sembarangan ke kali, mengingat sekarang ini Kali Sentiong sudah dikeruk.

Selain itu juga warga masyarakat ikut turun bersama Sumber daya Air melakukan kerja bakti, agar mereka merasakan kesulitan apa yang dialami oleh Pemda DKI, jangan hanya sekedar menonton saja, imbunya.

Camat Johar Baru, Nurhelmi Safitri menjelaskan, sejak dilakukan pengerukan lumpur kali Sentiong pada Oktober 2020, sekarang di wilayah Johar Baru tidak ada lagi genangan.

“ Dulu sebelum di keruk hujan sedikit saja, wilayah Kampung Rawa, Tanah Tinggi dan Johar Baru selalu banjir, Tapi sekarang tidak lagi, “ kata Nurhelmi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Johar Baru, Rudi menambahkan, pegerukan saluran kali sentiong dilaksanakan sejak Oktober 2020, dengan total panjangnya mencapai 1,5 Km, yang sudah dikerjakan sampai saat ini sepanjang 1,2 Km dan lumpur yang dikeruk 21.000 meter kubik.

Setiap hari pihaknya menerjunkan 20 personil satgas SDA dibantu alat berat Ekskavator ampibi ukuran besar dua unit, ekskavator kecil satu untik serta 15 dump truck. Lumpur tersebut dibunag ke PLTU Ancol, Jakarta Utara, Tambahnya. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT