oleh

Partisipasi Berbagai Pihak Penting Dalam Pengawasan Pemilu

Zonalinenews-Kupang,- Dalam rangka menyebarkan informasi tugas kepengawasan, Bawaslu Kota Kupang menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Peran dan Fungsi Kelembagaan Bawaslu dalam pengawasan pemilu, di Hotel Sahid T-More Kupang, 15/9/2021.

Ketua Bawaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni, dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu persiapan untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, yang mana tahapannya akan dimulau di tahun 2022 nanti.

“Kita akan segera memasuki tahapan pemilu serentak 2024, yang mana tahapan pemilu akan dimulai pada tahun 2022 di tahun depan ini,” ungkap Julianus yang dalam pembukaan didampingi oleh anggota Bawaslu Kota Kupang, Susiani Kanaha dan Yunior A. Nange.

Sebagai lembaga pengawas, Bawaslu Kota Kupang harus menyiapkan diri sebelum dimulai tahapan pemilu.
“Karena itu penyelenggara, khususnya lembaga pengawas harus siapkan diri untuk memasuki tahun politik, yang mana akan ada pemilu dan pemilihan seretak” lanjutnya.

Kegiata pengawasan pemilu dan pemilihan, tidak mungkin hanya dilakukan sendiri oleh lembaga pengawas. Tentunya sangat dibutuhkan dukungan kerja sama dan partisipasi dari berbagai pihak.

“Kerja-kerja pengawasan tidak bisa dilakukan sendiri oleh lembaga pengawas pemilu, namun butuh kerja sama dan partisipasi dari berbagai pihak,” kata Julianus diakhir sambutannya.

Kegiatan sosialisasi ini hadirkan dua narasumber eksternal. Ana Djukana yang berbicara terkait penggunaan media sosial dalam mendukung kerja pengawasan pemilu. Sedangkan Vincen Bureni berbicara tentang pemantauan kelompok masyarakat sipil yang mendukung kegiatan pengawasan.

Hadir sebagai peserta adalah perwakilan organisasi pemuda dan mahasiswa, perwakilan kelompok disabilitas serta alumni sekolah kader yang dilakukan oleh Bawaslu.(*tim)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed