oleh

Investasi di Bidang Pendidikan Yang Menentukan Tumbuh Kembang Anak

ZONALINENEWS.COM – OELAMASI, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah jenjang pendidikan sebelum Sekolah Dasar (SD), yang bertujuan untuk memberikan stimulasi kognitif kepada anak, agar anak siap dalan memasuki pendidikan dasar.

“Peran dan fungsi PAUD tidak akan berjalan optimal, jika tidak ditopang oleh fondasi yang kokoh,” kata Bupati Kupang melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Obet Laha didampingi Bunda Paud Kabupaten Kupang, Ny. Damaris Masneno Mooy, bersama Ny. Lely Manafe Menny dan Ny. Rutchek Laha Dethan, dalam acara penguatan kapasitas Bunda Paud tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Kupang tahun 2021, bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Kupang, Jl.R.A.Kartini Kota Kupang, Selasa 21 Sept 2021.

Menurutnya, acara ini, guna meningkatkan kapasitas Bunda PAUD melalui bergeraknya seluruh komponen dan sumber daya yang ada di wilayahnya, dalam rangka pengembangan layanan Paud menuju paud yang berkualitas.

“Profesi Bunda PAUD yang melekat kepada istri kepala pemerintahan dari tingkat presiden sampai dengan lurah dan kepala desa, adalah merupakan profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sekaligus penggerak utama dalam pembinaan layanan paud melalui program-program kerja yang telah direncanakan,” ungkap Obet.

Selain itu lanjutnya, pemaparan materi dalam acara ini terfokus pada akreditasi, kemitraan, advokasi, ekosistem dan strategi serta program dan laporan kerja dalam pengelolaan layanan PAUD holistik integratif, adapula pemaparan tentang program 1 desa 1 PAUD yang merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain itu Sekda Obet menekankan akan pentingnya pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) dalam penyelenggaraan paud. Pemerintah Kabupaten Kupang telah menetapkan kebijakan berupa Peraturan Bupati Nomor 57 tentang SPM bidang pendidikan yang secara jelas telah mengatur tentang jenis, mutu serta penerima pelayanan SPM yang wajib untuk dipenuhi. Ketentuan ini diharapkan dapat dipedomani oleh seluruh Bunda PAUD di Kabupaten Kupang dalam menyusun rencana serta program kerja tahunan.

“Saat ini jumlah PAUD di Kabupaten Kupang baru sebanyak 488 PAUD yang terdiri dari 108 PAUD formal dan 380 paud nonformal. Kegiatan ini diikuti oleh 27 orang peserta terdiri dari 24 orang Bunda PAUD Kecamatan dan 3 orang Bunda PAUD Desa/ Kelurahan,” jelas Obet.

Turut hadir Kadis P dan K Kab.Kupang, Imanuel Buan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Martha Ede, Kepala RSKK, Beni Selan, Ketua LSM rumah perempuan kupang serta undangan lainnya. (*hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed