oleh

Aksi Demo di Kedubes Amarika Ricuh, Polisi Amankan 15 Mahasiswa Asal Papua

ZONALINENEWS.COM – JAKARTA, Sebanyak 15 orang pemuda Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) bersama Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI WP) yang melakukan aksi demo untuk memperigati Roma Agreement di depan gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat, Kamis 30 September 2021 berakhir ricuh.

Massa yang menuntut kebebasan di Papua ini sempat menyerang aparat kepolisian. Mereka bahkan merusak kaca mobil tahanan hingga pecah saat hendak dibawa kedalam mobil.

Petugas sempat kesulitan mengamankan mereka karena mahasiswa Papua itu sempat memberontak hingga menyebabkan Kapospol Monas Timur, Iptu Dahroni terluka terkena serpihan kaca saat berusahan manggalau massa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi menuturkan, polisi terpaksa mengamankan karena di DKI Jakarta masih PPKM level 3.

“Segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan itu adalah dilarang,” kata Hengki di lokasi, Kamis 30 September 2021.

Hengki menjelaskan, dalam UU NO 9 Tahun 1998, dalam menyampaikan kegiatan, harus melihat situasi yang ada dan peraturan yang sedang berlaku.

Nah PPKM sekarang level 3 dan seluruh kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan adalah dilarang.

“Apabila orang tersebut menempatkan orang lain pada situasi berbahaya itu merupakan suatu pelanggaran pidana,” jelas Hengki yang mengenakan masker dan topi hitam ini.

“Di dalam instruksi Menadgri yang terbaru nomor 43 juga ditentukan disana ada uu wabah prnyakit, kemudian karantina kesehatan,” tambah dia.

Hengki menambahkan, aksi mereka juga tak ada izin dan pemberitahuan.

“Ini juga ini tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan yang bisa berpotensi menimbulkan kerumunan di masa pandemi. Mereka melakukan pelanggaran pidana,” sebut Hengki.

Hengki memastikan, para pelaku pengerusakan bakal diproses hukum.

“Kami tetap berpegang adagium Salus Populi Suprema Lex Esto. Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” sebutnya. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed