oleh

20 Desa di Kabupaten Manggarai Terapkan Program TEKAD

ZONALINENEWS.COM – RUTENG, Sebanyak 20 Desa di Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menerapkan program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Program TEKAD ini merupakan kerja sama dengan International Fund for Agriculture Development (IFAD).

“Sebanyak 20 di Kabupaten Manggarai akan menerapkan program TEKAD. 20 Desa ini tersebar di lima Kecamatan yakni, Kecamatan Cibal, Kecamatan Satar Mese Utara, Kecamatan Satar Mese Barat, dan Kecamatan Ruteng,” ungkap Bupati Manggarai, Herybertus Nabit di Hotel Revaya Ruteng saat acara Launching Program TEKAD pada, Kamis, 16 September 2021.

Menurut Hery, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa agar berkontribusi pada transformasi pedesaan

“Tentu, program ini selaras dengan tema pembangunan Kabupaten Manggarai yakni, meningkatkan infrastruktur jalan serta memajukan produktifitas” tukasnya.

Penerapan program TEKAD, kata Nabit, dalam rangka mengembangkan strategis kesetaraan gender dan inklusi sosial.

“Khususnya bagi kelompok pemuda, kaum perempuan, kaum difabel, orang dengan gangguan jiwa dan lanjut usia” terang orang nomor satu di Manggarai itu.

Ia berharap, kelima kelompok yang selama ini dikategorikan terpinggirkan agar mendapatkan manfaat dari program ini.

Kapada tim terpadu program TEKAD, ia meminta agar bersinergi dengan pengelolah program dan mensikronisasikan RPJMD Kabupaten Manggarai bersama RPJMD Gubernur Propinsi NTT maupun rencana kerja Presiden Jokowidodo.

“Sehingga, perlu dilakukan akselerasi inovasi program untuk mewujudkan pembangun dari Desa Maju, Adil, dan Berdaya Saing,” tutup Hery. (*kons/hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed