oleh

Nelayan Pelaku Bom Ikan di Perairan Teluk Maumere Ditangkap Polisi

ZONALINENEWS.COM – MAUMERE, Satuan Ditpolairud Polda NTT berhasil menangkap satu unit perahu dan dua orang nelayan yang diduga menggunakan bahan peledak atau bom ikan saat barlayar di perairan
Teluk Maumere, Kabupaten Sikka pada jumat 20 Agustus 2021.

Diketahui dari dua orang nelayan tersebut, satu orang berinisial AB warga Waturia Rt 016/Rw 005, Desa Kolisia Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda NTT Kombespol Rishian Krisna Budhiaswanto memgatakan, saat melakukan patroli sengan KP.P.SUKUR XXII – 3007 mengamankan satu Perahu motor warna putih merah yang di awaki oleh dua orang nelayan yang diduga sedang melakukan penangkapan ikan dengan cara di bom.

Menurutnya, Satuan Ditpolairud Polda NTT juga mengamankan barang bukiti berupa ikan dengan berbagai macam jenis sebanyak 9. 214 ekor ikan serta beberapa peralatan peledak yang akan di gunakan pelaku saat melakukan aktifitas pengeboman ikan.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka AB telah mengakui perbuatannya yakni melakukan aktifitas pengeboman ikan di perairan maumere sebanyak satu kali, namun polisi masih akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut,” kata Krisna kepada wartawan di Polda NTT, Sabtu 21 Agustus 2021.

Krisna menjelaskan, Anggota Ditpolairud telah memeriksa dan mengamankan satu unit perahu Motor warna Merah Putih yang diawaki oleh tersangka AB yang diduga melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak (bom ikan).

“Pelaku bom ikan, saksi dan Barang Bukti (BB) dikawal ke Markas Unit Polair Sikka untuk di diserahkan ke penyidik Dit Pol Airud Polda NTT untuk Diproses sesuai aturan yang berlaku,” ujar Krisna.

Atas perbuatannya pelaku terancam Pasal 84 ayat (1) Jo pasal 8 ayat (1) UU Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan denda maksimal Rp1,2 miliar. (*rr/hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed