oleh

Tak Ada Pawai Takbiran Keliling, Jakarta Pusat Dijaga Ratusan Personil Gabungan

ZONALINENEWS COM – JAKARTA, Sebanyak 500 personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemerintah diterjunkan untuk pengamanan Hari Raya Idul Adha 1442 H di wilayah Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Hengki Haryadi mengatakan, ratusan personil gabungan tersebut akan melakukan pengaman malam takbir di beberapa titik di ruas jalan protokol.

“Tahun ini pawai keliling malam takbiran dan sholat Idul Adha di masjid tidak diperbolehkan, mengingat angka kasus di wilayah Jakarta yang masih tinggi,” kata Hengki saat Aplel Gelar Pasukan Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H di Kawasan Monas, Senin 19 Juli 2021 sore.

Menurut Hengki, pagi tadi pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama Kodim 0501 Jakarta Pusat, Wali Kota Jakarta Pusat, Ketua MUI Jakarta Pusat, DMI Jakarta Pusat, Ormas Islam NU, Tokoh Masyarakat dan lain – lain hingga ke level Kecamatan, bahwa berdasarkan informasi intelejen ada beberapa masjid yang akan melakukan kegiatan Sholat Idul Adha 1442 H.

“Kegiatan Sholat Idul Adha di masjid tersebut tidak sesuai dengan anjuran pemerintah, oleh karena itu tiga pilar bersama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain – lain kita duduk bersama untuk berbicara dari hati ke hati bahwa saat ini masih masa pantemi Covid – 19,” ungkap Hengki.

Dia mengatakan, saat ini Jakarta urutan pertama di Indonesia dengan angka positif Covid – 19, dan secara global Indonesia berada di urutan ke dua serta tingkat kematian karena Covid – 19 cukup tinggi.

“Berdasarkan pengalaman bebera tahun lalu di daerah lain ada terjadi klaster masjid,” ujar Hengki.

Pihak TNI – Polri dan Pemerintah, kata Hengki fungsinya mengawal MUI untuk memberikan penjelasan dalil – dalil agama Islam agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Secara preventif kita akan lakukan penjagaan agar tidak terjadi kerumunan,” tutup Hengki. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed