oleh

Polisi Berhasil Tangkap Karyawati Pelaku Pembakaran Kantor SPBU di Jakarta Pusat

ZONALINENEWS.COM – JAKARTA, Polsek Senen, Polres Metro Jakarta Pusat berhasil mengungkapkan penyebab kebakaran Kantor Administrasi SPBU di Jalan Pramuka, Senen Jakarta Pusat pada 6 Juni 2021 siang, sekira pukul 11.30 WIB.

Kapolsek Senen, Kompol Ari Susanto mengatakan, setelah melakukan pemeriksaaan kepada dua orang saksi, pihaknya mencuriga seorang karyawan wanita karena ketika kejadian yang bersangkutan tidak berada di tempat.

“Jadi pelaku pembakaran Kantor Administrasi SPBU di Jalan Pramuka itu adalah seorang karyawati di SPBU tersebut dengan tujuan untuk menghilangkan berkas – berkas bukti penggelapan uang,” kata Ari di Polsek Senen, Kamis 1 Juli 2021.

Menurutnya, wanita pelaku pembakaran tersebut berinisial RWA (26) adalah bendahara di SPBU tersebut.

“Tersangka nekat bakar kantor SPBU tersebut untuk menghilangkan barang bukti berkas – berkas uang yang sudah digelapkan oleh tersangka,” ungkap Ari.

Pelaku RWA, lanjut Ari sebelumnya mengorupsi uang SPBU sebanyak Rp 165 juta. Modusnya dengan tidak menyetorkan uang hasil penjualan BBM periode 31 Mei hingga 2 Juni 2021.

“Untuk menghilangkan jejaknya, tersangka mengumpulkan sejumlah dokumen bukti penjualan BBM di atas meja di lantai 2 kantor. Ia lalu menyulut api menggunakan sebuah korek yang telah dipersiapkan dalam tasnya,”

“Api itu ternyata merambat. Ruangan lantai 2 kantor SPBU itu pun dilalap si Jago Merah. Beruntung, petugas pemadam berhasil memadamkan api dalam beberapa menit sehingga api tak menjalar ke tempat pengisian bahan bakar,” jelas Ari.

Ari menerangkan, pengungkapan kasus ini bermula dari kecurigaan penyidik kepada RWA. Sebab, perempuan itu menghilang dari lokasi kejadian saat petugas pemadam dan kepolisian datang untuk memadamkan api.

Sekitar empat hari usai kebakaran, polisi menangkap RWA di sebuah hotel di Taman Sari, Jakarta Barat. Saat diperiksa, RWA mengakui perbuatannya.

Dalam kasus ini, kata Ari, pihaknya mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 3 juta yang merupakan sisa dana yang dikorupsi RWA. Lalu diamankan juga sejumlah dokumen laporan penjualan BBM dan potongan kayu bekas kebakaran.

Sedangkan RWA telah ditetapkan sebagai tersangka dan kini ditahan di Mapolsek Senen. Ia dijerat Pasal 374 KUHP tentang penggelapan dan Pasal 187 KUHP tentang kebakaran. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT