oleh

Kejar Target Herd Immunity, DMI DKI Jakarta Jadikan Masjid Untuk Tempat Vaksinasi Massal

ZONALINENEWS.COM – JAKARTA, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta menjadikan Masjid Ash Shalihin, yang berlokasi di Jalan Walang Baru Raya No 25 RT 07/07 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, sebagai tempat vaksinasi massal. Masjid Ash Shalihin tersebut juga dipilih sebagai rumah ibadah perdana yang menggelar vaksinasi di DKI Jakarta.

Langkah ini merupakan salah satu upaya dalam mempercepat terciptanya kekebalan komunal (herd immunity), sekaligus meyakinkan masyarakat vaksinasi aman dan halal.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta, Ma’mun Al Ayyubi mengatakan program vaksinasi rumah ibadah terselenggara atas kolaborasi DMI DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta.

Vaksinasi ini tentunya bertujuan menciptakan kekebalan komunal terhadap pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sekaligus mengedukasi jamaah maupun warga sekitar rumah ibadah bahwa vaksinasi aman dan halal.

“Kami ingin masjid menjadi sentra dalam penanganan vaksinasi bagi jamaah dan masyarakat sekitarnya,” kata Ma’mun saat ditemui di Masjid Ash Shalihin, Koja, Jakarta Utara, Jumat 30 Juli 2021.

Ma’mun menejelaskan, program vaksinasi di masjid ini akan terselenggara secara kontinu pada 44 kecamatan di DKI Jakarta. Pelaksananya pun dijadwalkan terselenggara setiap akhir pekan.

“Untuk yang perdana ini memang hari Jumat, tapi ke depannya diagendakan setiap Sabtu dan Minggu mengingat pada hari kerja (Senin-Jumat) tenaga kesehatan sebagai vaksinator sibuk bertugas melayani masyarakat,” jelasnya.

Camat Koja, Ade Himawan menyambut baik adanya inovasi DMI Provinsi DKI Jakarta yang menyelenggarakan vaksinasi di masjid.

Bahkan direncanakannya vaksinasi ini bisa terselenggara pada dua hingga tiga masjid di setiap kelurahan di Kecamatan Koja.

“Mudah-mudahan ke depannya terprogram satu kelurahan dua sampai tiga masjid dengan melihat estimasi warga yang belum divaksin dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” usulnya.

Ditanya soal ketersedian stok vaksin, Kepala Puskesmas Kecamatan Koja, dr Sri Puji Astuti memastikan aman. Untuk vaksinasi di Masjid Ash Shalihin ini, tiga ratus dosis vaksinasi jenis Sinovac disiapkan bagi calon peserta vaksinasi.

Tak hanya menyiagakan empat tenaga medis sebagai vaksinator, vaksinasi ini juga dibantu sejumlah kader kemasyarakatan seperti Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan lain sebagainya.

“Kami siapkan tiga ratus dosis, tapi itu bisa kami tambah jika peserta melebihi target,” tutupnya. (*una)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed