oleh

Gunung Ile Lewotolok Kembali Kelurkan Lava Pijar, Warga Diminta Waspada

ZONALINENEWS.COM – LEMBATA, Pasca erupsi pada 29 November 2020 lalu, status Gunung Merapi Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini masih siaga III.

Rabu 28 Juli 2021, sekira pukul 00.24 Wita, Gunung Ile Lewotolok kembali mengeluarkan Lava Pijar yang tercatat di Seismogram dengan Amplitudo maksimum 45 mm, dengan durasi 49 detik. Serta kolom erupsi berwarna kelabu tebal dengan ketinggian 1000 meer di atas puncak.

Selain itu Gunung berapai Ile Lewotolok mengeluarkan Lava Pijar disertai dentuman suara keras dan lontaran maaterial lava pijar sejauh 700 – 800 meter ke arah barat dan selatan barat daya.

Penjaga Pos Pemantau Gunung Berapi Ile Lewotolok, Atanis Arakian mengatakan, saat ini masih terlihat lontaran lava pijar yang membakar vegetasi di bagian selatan yakni ke arah Desa Waipukang, tepatnya di depan pos pengamatan Gunung Ile Lewotolok.

“Dari lontarannya cukup besar, sedangkan ke arah barat di Desa Riang Bao dan Desa Amakaka,” kata Arakian, Rabu 28 Juli 2021.

Menurutnya, saat ini Gunung Ile Lewotolok mengeluarkan lava pijaran yang cukup besar. Sehingga diminta warga untuk tetap waspadah. (*rita/hayer)

Penulis: zonaline news

Gambar Gravatar
Alamat Redaksi : Jalan Adisucipto Kompleks Perumahan RSS Oesapa Kota Kupang Blok P No 2 NTT

News Feed