oleh

Menikmati Taman AgroWisata Kirye

Menikmati Taman AgroWisata Kirye

Zonalinenews.Com_Kupang_ Kota Kupang tidak hanya identik dengan wisata pantai yang diminati oleh banyak warganya, di salah satu pinggiran Kota Kupang, tepatnya di Kampung Lama, Kelurahan Manulai, Kecamatan Alak, terdapat sebuah taman agrowisata yang sangat indah. Ya..taman agrowisata Kirye ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, tak hanya itu anda akan mendapat edukasi terkait pertanian dan budidaya bunga yang sangat memanjakan mata dan jiwa anda.

Mungkin ada diantara pembaca sekalian yang saat ini belum pernah mengunjungi lokasi ini, jika anda ingin ke taman kirye maka anda dapat melewati jalan samping RS TNI AL Samuel J. Moeda kupang Polsek AlakĀ  lalu lurus terus menuju tugu Tupi Tunakaf, terus lurus melewati jalan baru hingga sampai di kampung lama kelurahan Manulai maka anda tinggal bertanya pada warga sekitar yang akan langsung menunjukkan lokasi taman ini.

Taman agrowisata kirye ini mungkin dapat menjadi opsi untuk menghabiskan waktu akhir pekan dan liburan anda dengan keluarga, dengan biaya masuk yang sangat murah yaitu hanya lima ribu rupiah per kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat.

Taman seluas sekitar 1, 3 hektar ini dimiliki oleh seorang pendeta bernama Pdt. Markus Leunupun, S.Th. bersama sang istri Desri Djami mereka berdua di bantu beberapa ibu-ibu di kampung ini membentuk kelompok tani serta membudidayakan lahan pertanian berupa sayur-sayuran seperti kangkung, sayur manis, kol, terong, tomat, cabe serta buah naga.

” Ya awal saya dan istri datang ke tempat ini hanya hutan belukar, namun berkat sharing dengan teman-teman sesama pendeta dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat kami duduk ngobrol bersama dan bertukar pikiran, akhirnya saya bersama istri sepakat membuat taman bunga dan kebun sayur serta hidroponik, dan Puji Tuhan sekarang seperti inilah hasilnya, taman bunga ini sudah indah dan tanaman dari kebun sudah menghasilkan, dan kami di sini juga mempunyai kelompok tani yang mengolah hasil kebun ini, ada yang sayurnya kami konsumsi lalu sebagian kami jual dan uangnya di tabung guna kepentingan kelompok tani”. Ujar Pendeta Markus.

Walaupun agrowisata kirye masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan akibat rusak di terjang badai seroja bulan april lalu, tapi sarana dan prasananya tetap siap memyambut anda yang hendak berkunjung ke lokasi ini.

Untuk meningkatkan kenyamanan saat anda berkunjung ke agrowisata kirye ini, pengelola telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk anda menkmati hamparan lahan pertanian dan taman bunga seperti lokasi spot foto yang bervariasi, mulai dari pohon cinta, lopo, bangku, ayunan, hingga titian berupa bambu yang di anyam mirip anjungan kapal yang dijamin bakal bikin anda betah di lokasi ini, lokasi ini juga menyediakan aula yang besar untuk acara ulang tahun, seminar dan lain-lain.

Saat anda memasuki lokasi agrowisata kirye anda akan langsung di sambut keindahan tanaman bunga yang memanjakan mata, anda juga bisa menikmati pemandangan hamparan lahan pertanian yang ada dan juga anda dapat menikmati pemandangan teluk kupang dari lokasi agrowisata ini.

Ade Wili salah seorang pengujung mengatakan bahwa ia sangat senang dapat berkunjung ke lokasi ini, tempatnya yang tenang di selingi suara alam dari burung yang berkicau di tambah pemandangan alam dan kebun sayur serta taman bunga aneka jenis, menurutnya sangat memikat hati, apalagi banyak spot foto yang di tawarkan sehingga sangat ia rekomendasikan taman kirye bagi warga kota kupang sebagai salah satu lokasi terbaik wisata di kota kupang.

” Kesan pertama saya tempat ini sangat tenang dan indah, hamparan hijau dari sayuran dan aneka jenis bunga sangat memanjakan mata, belum lagi spot foto yang sangat banyak di taman ini membuat kita tidak akan menyesal datang ke taman agrowisata kirye ini”. Ujar Ade.

Itulah ulasan singkat mengenai argowisata kirye yang masih dalam tahap pengembangan namun dapat dikatakan sangat recomended bagi anda sekalian, kita dapat menikmati indahnya lukisan alam dari Tuhan, sambil berkeliling pada lokasi argowisata kirye untuk menikmati panorama lahan pertanian dan berbagai jenis bunga, serta pemandangan birunya teluk kupang yang indah . Dan bagi anda yang ingin pergi berwisata pada akhir pekan saat pandemi covid-19 seperti ini, anda harus tetap mematuhi protokal kesehatan untuk memutus penyebaran virus covid-19. ( RR )

News Feed