oleh

AKL Kupang Kelola Limbah Cair Rumah Tangga Warga Bello

Zonalinenews-Kota Kupang, – Limbah cair dari rumah tangga terkadang bisa menjadi masalah polusi udara di lingkungan. Padahal apabila bisa dimanfaatkan dengan teknik pengolahan yang baik maka, limbah cair dari dapur maupun kamar mandi dapat berfungsi sebagai pupuk cair bahkan bisa menjadi air jernih untuk menyiram tanaman.

Hal itu terungkap dalam diskusi terbatas yang di gelar sejumlah ahli lingkungan di Kampus AKL Poltekes Kupang, Senin, (7/06/2021) bersama Goris Takene, SE Direktur Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Gading Taruna Kupang.

I Gede Putu Arnawa, SST., MSi
mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan ujicoba pemasangan cincin sumur resapan air limbah di sejumlah rumah warga di RT 07/RW 03 Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

“Cincin sumur sebagai wadah pengolahan limbah rumah tangga termasuk juga bisa digunakan untuk mengolah limbah kotoran ternak yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair,” tandas Putu.

Sementara itu dua orang ahli lainnya Oktofianus Sila, SKM., MSc dan Ferry Waangsir, ST., M. Kes yang juga staf pengajar pada AKL Kemenkes Kupang mengharapkan agar dengan program kerjasama itu nantinya ke depan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi limbah cair dari rumah tangga maupun dari kandang ternak.

Kegiatan itu rencananya akan di gelar pada 19 Juni 2021 mendatang. (Goe*)